Senin, 16 Juni 2014

Modernisasi Alut & Alsus Zeni Dalam Rangka Transformasi Zeni TNI-AD

ZIPUR 10 MODERNISASI 1

Surabaya (MI) : Transformasi yang dilakukan oleh Zeni AD merupakan suatu upaya perwujudan satuan Zeni yang ideal dihadapkan oleh situasi ancaman Hybrid dan Cyber. Hal ini sangat mutlak dilakukan oleh Zeni AD dan harus selaras dengan kebijakan pertahanan pemerintah yang saat ini dilaksanakan dalam format Minimum Essential Force (MEF). Berikut beberapa alut dan alsus yang akan dipenuhi oleh TNI AD.

1.   Armoured Vehicle Launched Bridge ( AVLB).

ZIPUR 10 MODERNISASI 1
Merupakan kendaraan yang dirancang bagi prajurit dan kendaraan yang dapat menyebrangkan kendaraan dengan daya jangkau 60 meter. Kendaraan ini sangat kuat daya angkutnya karena ditopang oleh casis sejenis main battle tank sekelas Tank Leopard. Kendaraan ini memiliki daya mobilitas yang tinggi serta memiliki fleksibilitas untuk mendukung berbagai operasi termasuk misi kemanusiaan. 

  2.   Armoured Vehicle Engineers.

ZIPUR 10 MODERNISASI 2

Kendaraan lapis baja pasukan zeni ini dirancang untuk  membuka rute melalui rintangan medan yang kompleks (obstacle) serta membersihkan rute yang telah dipasang ranjau. Kendaraan ini dilengkap peralatan standar seperti pisau dozer, penggeruk ranjau, dan lengan excavator. Penggeruk ranjau yang lebar dipasang di bagian depan untuk membersihkan ranjau. Kendaraan ini merupakan kendaraan yang sangat efektif dan efisien serta fleksibel dalam mendukung berbagai macam operasi termasuk operasi kemanusiaan.    








Sumber : Divif2kostrad
                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar