Minggu, 15 Juni 2014

TNI AL dan US Navy laksanakan Joint Operations Diving Operations


Jakarta (MI) : Dalam kegiatan Latihan Bersama (Latma) Carat Divex 2014, salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh anggota Penyelam TNI AL dan penyelam US Navy adalah melaksanakan Joint Operations Diving Operations dan Lay Moor untuk menentukan lokasi tenggelamnya USS Houston. 

Dikatakan Komandan KRI Sultan Thaha Syaefuddin-376 Letkol Laut (P) Ario Sasongko, S.E., M.P.M., selaku Commander Task Group (CTG), dalam kegiatan tersebut bahwa lokasi awal yang diduga sebagai tempat tenggelamnya USS Houston ternyata telah berubah mendekat ke arah pantai sejauh 3 mil dari pantai Banten. Hal ini dikarenakan arus yg cukup deras di bawah permukaan laut, dan setelah berhasil diidentifikasi oleh para penyelam mereka langsung menandai lokasi tersebut dengan buoy apung.

Deputy Chief of Mission Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia, Mrs. Kristen F. Bauer, akhirnya secara simbolis meletakkan karangan bunga dan melakukan penghormatan kepada arwah para prajurit Amerika Serikat sejumlah kurang lebih 700 prajurit yang telah gugur bersamaan dengan tenggelamnya USS Houston ke dasar laut. 

Mrs. Kristen F. Bauer, menyampaikan ucapan terima kasihnya atas segala bentuk kerjasama dan dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah Indonesia khususnya TNI AL, sehingga kegiatan Carat Divex 2014 ini dapat berlangsung sehingga kesempatan untuk melakukan ziarah ke USS Houston dapat terlaksana.

Lebih lanjut disampaikan bahwa ke depan diharapkan situs-situs peninggalan bersejarah ini dapat dipelihara dengan baik oleh Pemerintah Indonesia, sehingga para generasi penerus masih dapat mengambil hikmah dan pelajaran yang berharga melalui situs-situs bersejarah seperti ini.

Kegiatan selanjutnya antara penyelam TNI AL dan penyelam US Navy adalah melaksanakan Joint Operations Remote Operations Vehicles (ROV) Operations dan bersama-sama mengibarkan banner Carat Divex 2014 di depan kerangka USS Houston. 








Sumber : Koarmabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar