Wednesday, March 12, 2014

Menhan: Diperlukan Kebijakan Terpadu untuk Sabang


JAKARTA (MI) : Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan, dengan ditetapkannya Sabang sebagai Kawasan Strategis Nasional,  diperlukan kebijakan terpadu yang mengintegrasikan kepentingan ekonomi dan pertahanan keamanan (Hankam).

Hal itu disampaikan Menhan dalam sambutan yang dibacakan Ketua Penasehan Menteri Pertahanan Bidang Ekonomi, Adnan Ganto pada acara temu bisnis Sabang di Jakarta, Selasa (11/3).
“Langkah tersebut dimaksudkan untuk mendorong keberhasilan Sabang sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas di wilayah perbatasan,” kata Menhan.

Disebutkan, arah kebijakan penyelenggaraan pertahanan negara di wilayah perbatasan yaitu meningkatkan pembangunan kerakyatan dan kemampuan pertahanan nirmiliter yang bersinergi dengan pertahanan militer melalui pemberdayaan wilayah perbatasan.
Sebelumnya, Gubernur Aceh Zaini Abdullah menjanjikan insentif dan prioritas kepada pelaku bisnis yang berinvestasi di Sabang.

“Kepada pelaku bisnis dan investor silakan datang melihat potensi Sabang. BPKS dan Pemerintah Aceh akan memberikan prioritas,” kata Gubernur Aceh yang juga Ketua Dewan Kawasan Sabang, dr H.Zaini Abdullah dalam pertemuan silaturrahmi dengan pejabat dan pebisnis. sehari sebelumnya.
Gubernur mengatakan dengan banyaknya investor datang ke Sabang, akan mempercepat pertumbuhan Sabang sebagai kawasan pelabuhan bebas dan kawasan perdagangan bebas.

Kepala Badan Pengelolaan Kawasan Sabang (BPKS) Fauzi Husein melaporkan berbagai kemajuan dan prospek strategis investasi di Sabang. Ia mengharapkan kalangan swasta ambil bagian dalam bisnis dan investasi di Sabang.
BPKS juga melangsungkan  pertemuan bisnis dengan sejumlah pebisnis di Jakarta. “Kita harapkan hasil pertemuan membawa masuknya investasi di Sabang,” kata Fauzi Husein.

Wakil Ketua MPR Farhan Hamid dalam kesempatan yang sama mengatakan Pelabuhan Bebas dan Kawasan Perdagangan Bebas Sabang sudah berjalan 14 tahun, sejak disahkan pada 2000. “Masyarakat ingin mengetahui apa manfaat kehadiran pelabuhan bebas Sabang dalam kaitan pembagunan ekonomi Aceh dan ekonomi Indonesia,” katanya.
Sumber : Tribunnews

No comments:

Post a Comment