Thursday, March 13, 2014

Kemenristek Mengunjungi PT Pindad



Bandung (MI) : Pada Selasa, 11 Maret 2014, rombongan Deputi Jaringan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Kementerian Riset dan Teknologi mengunjungi PT Pindad (Persero). Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Deputi Jaringan IPTEK, Agus R Hoetman ini, diterima langsung oleh Direktur Keuangan PT Pindad (Persero) Rita Widayati di Auditorium Gedung Direktorat. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Divisi Senjata, Kepala Divisi Kendaraan Khusus, Deputi Direktur Pengembangan Sumber Daya dan beberapa staf terkait.

Sebagai bagian dari pemerintah yang bergerak di sektor riset dan teknologi, Kementerian Riset dan Teknologi mempunyai beberapa tujuan, salah satunya untuk memperkuat jaringan ilmu pengetahuan dan teknologi antara pemerintah dengan industri. Oleh karena itu, Kementerian Ristek dan Teknologi, khususnya Deputi Jaringan IPTEK melakukan kunjungan ke industri, salah satunya ke PT Pindad (Persero) untuk meninjau kegiatan produksi guna memformulasikan rencana penguatan jaringan IPTEK tersebut.

Acara dimulai dengan pemaparan PT Pindad (Persero) dari Direktur Keuangan. Setelah itu, para peserta tampak antusias mengajukan berbagai macam pertanyaan yang berhubungan dengan PT Pindad (Persero) hingga kemungkinan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, dalam dan luar negeri yang dapat difasilitasi oleh Kementerian Riset dan Teknologi. Selain itu, pengembangan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh PT Pindad (Persero) juga akan didukung penuh oleh Kementerian Riset dan Teknologi.


Setelah itu, acara dilanjutkan dengan acara kunjungan ke beberapa fasilitas produksi PT Pindad (Persero). Fasilitas produksi yang pertama kali dikunjungi adalah fasilitas produksi Divisi Kendaraan Khusus. Penjelasan mengenai proses pembuatan komponen kendaraan khusus hingga proses perakitan hingga membentuk satu kendaraan khusus yang utuh didapatkan para peserta dari Kepala Divisi Kendaraan Khusus, Edy Purwanto.

 

Fasilitas produksi di Divisi Senjata menjadi tempat yang dikunjungi selanjutnya. Berbagai macam jenis senjata yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero) menjadi pusat perhatian para anggota rombongan di Ruang Dispay Divisi Senjata. Setelah itu, anggota rombongan mendapatkan kesempatan untuk mencoba performa beberapa produk senjata laras panjang PT Pindad seperti SS2-V1 dan SPR-3.

Kunjungan di Divisi Senjata menjadi penutup kunjungan dari Kementerian Riset dan Teknologi hari itu di PT Pindad (Persero). Semoga saja, setelah kunjungan ini penguatan jaringan IPTEK yang dijadikan tujuan kunjungan hari itu dapat tercapai.



Sumber : BUMN

No comments:

Post a Comment