Tuesday, November 26, 2013

Pembukaan Latsattap Intelijen dan Penanggulangan Terorisme

Pembukaan Latsattap Intelijen dan Penanggulangan Terorism

Ambon (MI) : Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Torry Johar Banguntoro mewakili Pangdam XVI/Pattimura membuka Latihan Satuan Pemantapan (Latsattap) Intelijen dan Penanggulangan Terorisme Yonif 733/Raider TA. 2013, bertempat di lapangan Mako yonif 733/Raider Waiheru, Senin (25/11). 

Pangdam XVI/Pattimura mengharapkan bahwa dengan adanya Latihan ini, personil Intelijen di satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura baik secara perorangan, kelompok maupun satuan masih ditemukan kekurangan dan kelemahan, terutama dalam melakukan deteksi dini dan cegah dini, temu cepat dan lapor cepat, lemahnya hubungan antar Satuan Intelijen serta pengamanan tubuh. Pada sisi lain kondisi Maluku dan Maluku Utara pasca reformasi sampai saat ini masih diwarnai berbagai permasalahan seperti kriminalitas,  perselisihanan yang bisa mengarah ke SARA, peredaran  senjata illegal dan ketidakpuasan hasil Pemilukada, yang tidak menutup kemungkinan menjadi potensi konflik yang dapat  terjadi setiap saat, sehingga perlu diantisipasi dan diwaspadai.

Mengingat kondisi stabilitas wilayah di Maluku dan Maluku Utara, untuk itu diperlukan satuan penangkal yang memiliki kemampuan serta keterampilan teruji seperti Latsattap Intelijen Kodam XVI/Pattimura, satuan yang siap digerakkan setiap saat seperti Satuan Gultor Yonif 733/Raider untuk megantisipasi  setiap konflik yang timbul di Maluku dan Maluku Utara, utamanya yang mengarah kepada aksi terorisme.
Mendukung kemampuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh Satuan Intelijen Kodam XVI/Pattimura dan Satuan Penanggulangan Terorisme Yonif 733/Raider, maka diperlukan latihan yang berkesinambungan. Di akhir amanatnya Pangdam XVI/Pattimura mengharapkan kepada para Peserta Latihan untuk dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, sesuai dengan materi dan sasaran yang dicapai. Untuk itu, manfaatkan Latihan ini, sehingga diharapkan seluruh peserta dapat memahami tugas dan perannya masing-masing. 
Pembukaan Latsattap Intelijen dan Penanggulangan Terorisme Yonif 733/Raider dihadiri oleh Irdam, Pa Ahli, para Asisten, dan Kabalak jajaran Kodam XVI/Pattimura.






Sumber : TNI

No comments:

Post a Comment