Friday, August 29, 2014

The Jupiters Berlatih Melukis Langit Jakarta


Jakarta (MI) : Tim Aerobatik kebanggaan TNI Angkatan Udara Jupiters Aerobatic Team (JAT) sudah memulai tiga hari latihan aerobatik untuk melukis langit Monumen Nasional kota Jakarta sebagi persiapan tam[il pada event Independence Day Run pada hari Minggu 31 Agustus 2014. Tim Jupuiter mulai hari Kamis, (28/8) setiap pagi melaksanakan gladi terbang aerobatik diatas langit Lanud Halim Perdanakusuma dan Monas untuk menyesuaikan dengan kondisi Jakarta Pusat yang penuh dengan gedung pencakar langit, berbeda dengan tampil diatas bandara atau pangkalan udara yang relatif lebih lapang tanpa gangguan bangunan tinggi..
 


Pada latihan pertama hari Kamis ini, para penerbang sudah tinggal landas pada pukul 7.00 pagi dari landasan Lanud Halim Perdanakusumah dan langsung melaksanakan maneuver pemanasan diatas langit Halim. Berbagai maneuver pemanasan seperti loop dan barrel roll dilaksanakan selama 15 menit sebelum menuju Jakarta Pusat untuk melaksanakan latihan pertama di atas langit Monas.


Flight Leader Letkol Pnb Feri Yunaldi membawa Flight nya untuk memulai atraksi dengan melintas pada ketinggian 300 meter dengan kecepatan 250 kts (360 km/jam) dan membawa tim kebanggaan kita ini menari-nari diatas udara Jakarta yang cukup cerah dengan langit biru. Para pengunjung Monas dan masyarakat Jakarta Pusat bisa melihat latihan mereka pada pukul 7.30 pagi selama dua hari terakhir latihan (Jumat dan Sabtu) sampai penampilan puncaknya pada hari Minggu tanggal 31 Agustus 2014.

Tim Aerobatik yang mengandalkan pesawat latih lanjut KT-1 Woong Bee buatan Korea Selatan ini adalah “Ambassador In Blue” negara kita guna menunjukkan profesionalisme para penerbang TNI Angkatan Udara. Sampai saat ini Tim Aerobatik Jupiter telah tampil di berbagai kota di Indonesia atau maupun di event-even berkaliber internasional seperti tampil di Thailand, Malaysia, Brunai Darusalam dan khususnya di event akbar dwi tahunan Singapore Airshow Singapura.


 

Para penerbang JAT ini merupakan para instruktur penerbang andalan Sekolah penerbang TNI Angkatan Udara yang terdiri dari para penerbang dari skadron-skadron pesawat tempur, transport dan helicopter. Anggota tim aerobatic ini dalam kesehariannya bertugas untuk melatih para siswa penerbang TNI Angkatan Udara di Skadron Pendidikan 102 Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta.

Dalam latihan selama tiga hari Tim Jupiter akan melatih dua macam rangkaian manuver sebagai alternatif, yaitu maneuver High Show apabila kondisi cuaca baik dan memungkinkan untuk manuver formasi aerobatik secara vertical dan maneuver Low Show bila cuaca tidak memungkinkan melaksanakan maneuver secara vertical.
 
Diharapkan penampilan para ksatria angkasa yang tergabung dalam Tim Aerobatik Jupiter bisa menggugah semangat kedirgantaraan generasi muda dan menumbuhkan kebanggaan publik Indonesia bahwa kemampuan para pemuda kita menguasai dirgantara tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia.








Sumber : TNI AU

No comments:

Post a Comment