Thursday, August 28, 2014

KRI Bung Tomo-357 Tiba di Perairan Oman



Oman (MI) : Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo bernomor lambung 357 siang ini direncanakan akan singgah dan merapat di pelabuhan Salalah Oman kurang lebih pukul 12.00 waktu setempat, hari ini Rabu.(27/8/2014).


KRI Bung Tomo-357 denganKomandan Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan setelah menempuh pelayaran mulai dari Portland Inggris berlayar melalui perairan Malaga Spanyol dan perairan Civitavechia Italia selanjutnya singgah di Pelabuhan Jeddah dan akan singgah di Pelabuhan Salalah Oman.


Pelayaran dari Pelabuhan Jeddah sampai Oman diperlukan kurang lebih selama 4 hari dan saat  berita ini disampaikan KRI Bung Tomo-357 telah berada di perairan Oman. Di Pelabuhan Oman, KRI Bung Tomo-537 akan singgah selama 2 hari untuk melaksanakan berbagai kegiatanyang berkaitan dengan kegiatan protokoler antara lain kunjungan kehormatan Komandan KRI kepada pejabat setempat dan kegiatan kunjungan tamu di KRI. 


Saat berada di Pelabuhan Jeddah atau Jeddah Islamic Port Arab Saudi pekan lalu. Kapal perang terbaru buatan Inggris tipe fregat ringan atau Multi Role Light Frigate (MRLF) ini sandar sekitar pukul 09:00 Waktu Arab Saudi, disambut oleh Konjen RI Jeddah Dharmakirty Syailendra Putra beserta jajarannya dan Atase Pertahanan KBRI Riyadh, Kol. Chb. Roedy Roemin.


Dalam pelayaran menuju Tanah Air, KRI Bung Tomo-357, dengan  Komandan Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, membawa ABK dari strata pangkat Perwira, Bintara, Tamtama, dan teknisi sipil dari warga negara asing sebagai teknisi kapal.


Selama transit di Jeddah, ABK melakukan sejumlah kegiatan diantaranya kunjungan kehormatan Komandan KRI Bung Tomo kepada Komandan Aramada Barat, Kepala Otoritas Pelabuhan, Kepala Satuan Pengamanan Pelabuhan dan kepada Konjen RI Jeddah. Pada hari yang sama ABK melaksanakan ibadah umrah dilanjutkan dengan ziarah ke Kota Rasulullah, Madinah Al-Munawwarah.


Dalam  pelayaran  ke Indonesia, KRI Bung Tomo-357 singgah di beberapa kota pelabuhan, yaitu pelabuhan Portland (Inggris), Malaga (Spanyol), Civitavecchia (Italia), Port Said (Mesir), Jeddah (Arab Saudi), Salalah (Oman), Cochin (India), Jakarta dan berakhir di Surabaya.


KRI Bung Tomo-357 dengan berat 1,941 ton dan memiliki  panjang 95 meter dan lebar 12,7 meter serta dilengkapi sistem pendorong empat motor pokok CODAD (Combined Diesel and Diesel) yang mampu berlayar dengan kecepatan maksimum 31 knots dan jarak jelajah 9,000 km, KRI Bung Tomo-357 dilengkapi dengan sistem persenjataan perang modern, seperti peluru kendali anti kapal permukaan exocet MM 40, peluru kendali anti serangan udara Sea Wolf, meriam 76 mm, meriam 30 mm serta torpedo anti kapal selam.


Didukung oleh sistem kendali persenjataan, navigasi dan komunikasi dan peralatan sonaryang terintegrasi dengan baik, kapal jenis MRLF tersebut dirancang untuk mampu bertempur menghadapi ancaman baik dari atas air, bawah air maupun udara.


KRI BungTomo-357  dilengkapi dengan sistem persenjataan untuk peperangan modern antara lain Anti Submarine Warfare (ASW), Anti Surface Warfare (ASW), Anti Air Warfare (AAW), Elektronik Warfare (EW) dan bantuan tembakan kapal (BTK) dan dilengkapi dengan fasilitas day and night helicopter control dan landing pada malam dan siang hari.


KRI Bung Tomo-357 merupakan salah satu dari tiga kapal perang sejenis yang sedang dalam perjalanan dari Inggris menuju Indonesia. Kedua KRI lainnya yang menyusul adalah KRI Jhon Lie-358 dan KRI Usman Harun-359. Ketiga kapal perang tipe fregat ringan atau Multi Role Light Frigate (MRLF) ini akan mengikuti  upacara peringatan HUT TNI pada 5 Oktober  2014 yang akan datang yang dipusatkan di Komando Armada RI Kawasan Timur di Surabaya.









No comments:

Post a Comment