Wednesday, August 27, 2014

Komandan Pendidikan TNI AL Amerika Sambangi Latihan Bersama di Sentul

Komandan Pendidikan TNI AL Amerika Sambangi Latihan Bersama di Sentul

Bogor (MI) :  Komandan NETSAFA (Navy Education and Training Security Activity Field) Captain Douglas Heady dari Amerika Serikat mengunjungi PMPP (Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian) TNI meninjau secara langsung pelaksanaan Latihan GPOI (Global Peace Operations Initiative) Capstone Garuda Canti Dharma 2014 yang melibatkan 21 negara, bertempat di PMPP TNI, Sentul, Bogor, Jawa Barat. 

Kedatangan Komandan NETSAFA dan rombongan disambut oleh Komandan PMPP TNI Brigjen TNI A.M. Putranto, S.Sos. selaku Direktur Latihan  GPOI (Global Peace Operations Initiative) Capstone Garuda Canti Dharma 2014, di ruang rapat Gedung UNIFIL PMPP TNI, Sentul, Bogor-Jawa Barat, Selasa (26/8/2014). 

Dalam pertemuan tersebut, Komandan PMPP TNI menegaskan bahwa betapa pentingnya menyiapkan para prajurit TNI agar mempunyai kemampuan dan keahlian bertaraf internasional, sehingga mampu mengemban dalam tugas misi perdamaian dunia. 

Selain itu, kunjungan ini dapat dijadikan sarana untuk membina hubungan yang baik antara TNI dan USPACOM, meningkatnya kemampuan capacity building PMPP TNI untuk menjalankan peranan sebagai Regional PKO. Meningkatnya kemampuan dan kesiapan personel TNI dan negara-negara lain yang terlibat dalam latihan untuk melaksanakan tugas sebagai Troop Contributing Countries (TCC) dalam suatu misi PBB dan meningkatnya interoperability personel dalam pelaksanaan tugas pokok Operasi Pemelihara Perdamaian (OPP). 

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Captain Douglas Heady beserta rombongan  meninjau secara langsung latihan, baik di Staf Training Event (STE) maupun Field Training Event (FTE) yang dilaksanakan di kelas dan lapangan. 

Dalam kesempatan tersebut, Komandan PMPP TNI menjelaskan bahwa latihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman tentang aspek-aspek multidimensi dari kemungkinan operasi perdamaian yang kompleks.
Selain membahas tantangan-tantangan utama dalam misi-misi perdamaian guna meningkatkan kemampuan kontingen dalam setiap misi, dan memberikan saran serta tindakan nyata untuk mengatasi kendala-kendala dalam latihan guna meningkatkan kemampuan kontingen dalam kesiapan operasional. 

Selain itu untuk melatih para perwira staf yang disiapkan dalam penugasan pada misi pemeliharaan perdamaian PBB, meningkatkan intensitas latihan pratugas bagi personel yang diarahkan dalam penugasan sebagai perwira staf di markas misi PBB.

Selain itu juga untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan personel dalam melaksanakan koordinasi pada operasi perdamaian multidimensi di markas-markas PBB, dan mengembangkan kemampuan staf markas. 











Sumber : TRIBUNNEWS

No comments:

Post a Comment