Tuesday, August 26, 2014

Kunjungan SASTIND ke PT Pindad



Bandung (MI) : Delegasi dari The State Administration of Science, Technology, and Industry for National Defense (SASTIND) Tiongkok mengunjungi PT Pindad (Persero) pada Jumat, 22 Agustus 2014. Rombongan yang dipimpin oleh Madam Zhan Chunli yang bertindak sebagai General Director, Department of Military Trade and Foreign Affair of SASTIND, diterima langsung oleh Direktur Utama PT Pindad (Persero) Sudirman Said di Auditorium Gedung Direktorat PT Pindad, Bandung. Turut hadir dalam acara ini adalah jajaran Direksi dan para pimpinan PT Pindad (Persero).

Kunjungan ini merupakan salah satu bagian dari Defense Industry Cooperation Meeting (DCIM) antara Kementerian Pertahanan Indonesia dengan SASTIND yang dilaksanakan pada tanggal 21-22 Agustus 2014 mengenai kerjasama Indonesia-Tiongkok dalam bidang industri pertahanan. Dalam kata sambutannya, Madam Zhan Chunli mengatakan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk bertukar pikiran mengenai industri pertahanan masing-masing negara sehingga diharapkan dapat menghasikan beberapa poin baru untuk kerjasama, “Kami sangat senang mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi PT Pindad. Kami memiliki kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai dunia industry pertahanan Indonesia dan Tiongkok, sehingga dapat menghasilkan beberapa poin baru untuk kerjasama.”


Dalam kata sambutannya, Direktur Utama PT Pindad (Persero) mengatakan kunjungan dari SASTIND merupakan kesempatan yang baik untuk memperlihatkan industri pertahanan Indonesia yang sedang berkembang selama sepuluh tahun terakhir ini, “Kami sangat senang bisa menerima kunjungan seluruh anggota delegasi hari ini untuk berbagi beberapa hal mengenai industry pertahanan kami yang sedang terus berkembang. Sebagai perusahaan yang berfokus kepada sistem persenjataan darat dan amunisi, dalam sepuluh tahun terakhir kami terus merevitalisasi diri karena pemerintah mendorong kami untuk tetap terus bersaing dengan perusahaan lain.”

Anggota delegasi kemudian mengunjungi beberapa fasilitas produksi yang mendukung aktivitas perusahaan dalam memproduksi produk-produk pertahanan yang membanggakan. Fasilitas produksi pertama yang dikunjungi oleh para anggota rombongan adalah Departemen Produksi 2 Divisi Kendaraan Khusus, dimana para anggota delegasi sempat mencoba performa salah satu kendaraan tempur kebanggaan PT Pindad (Persero), Panser Anoa. Fasilitas produksi kedua yang dikunjungi adalah Divisi Senjata dimana para anggota rombongan dapat mencoba performa senapan yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero).


Malam harinya, dilakukan penandatanganan Minute of Meeting (MoM) tentang Third Indonesia-China Defense Industry Cooperation Meeting antara Kementerian Pertahanan Indonesia yang diwakili oleh Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Dr. Timbul Siahaan dengan SASTIND yang diwakili oleh Madam Zhan Chunli. Isi MoM tersebut adalah berbagai kerjasama Indonesia dan Tiongkok dalam bidang industri pertahanan, beberapa poin yang berhubungan dengan Pindad adalah kerjasama dalam bidang pasokan bubuk propelan untuk munisi kaliber kecil dan komponen-komponen pembuatan munisi howitzer kaliber 155 mm, serta kemungkinan perluasan kerjasama dalam bidang penelitian dan pengembangan kendaraan tempur.







Sumber : PINDAD

No comments:

Post a Comment