Friday, May 23, 2014

TNI AL Siagakan 2 KRI di Wilayah Tanjung Datu

KRI Krait 827
Belawan (MI) : TNI AL terus melakukan pemantauan terkait aksi Malaysia yang membangun mercusuar di perairan sengketa kawasan Tanjung Datu.

Demikian ditegaskan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmbar) Laksda TNI Arief Rudianto SE, seusai upacara serahterima jabatan (sertijab) Komandan Lantamal I, Kamis (22/5).
Untuk patroli pengawasan di perbatasan wilayah yang masih berstatus quo itu, dua Kapal Perang RI (KRI) telah dikerahkan yakni KRI Barakuda dan KRI Krait.

Saat ini pihaknya masih menunggu langkah dari pemerintah untuk melakukan diplomasi.“Karena pada dasarnya TNI selalu siap dalam menjalankan perintah selanjutnya,” papar Pangarmabar.
Begitu juga terhadap pengamanan pulau terluar seperti Pulau Rondo dan Pulau Berhala, sesuai Oprasi Mabes TNI, pihaknya telah menempatkan sejumlah personil Marinir yang didampingi TNI AD.
Sebelumnya, dalam upacara Sertijab Danlantamal I tersebut, Kolonel Laut (P) Pulungan Prambudi dikukuhkan, dengan menggantikan Laksamana Pertama TNI Didik Wahyudi SE.
Sebagaimana amanatnya, Pangarmabar menyatakan peran Lantamal I sangat dibutuhkan dalam mengamankan wilayah perairan yurisdiksi nasional.

Apalagi ungkapnya, wilayah kerja tanggung jawab Lantamal-I sebagian berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Malaysia, India dan Thailand, yang berpotensi rawam terjadinya gangguan keamanan.
Untuk itu dia berharap Lantamal I agar bertindak tegas terhadap pelanggaran dan bermacam gangguan yang terjadi, namun tetap mengacu dengan hukum yang berlaku.
Rangkaian upacara sertijab Danlantamal-I ini, diisi  dengan atraksi beladiri militer Prajurit Marinir Batalyon 8 dan marchingband Gita Jalasiswa Yayasan Hang Tuah.

Turut hadir dalam upacara secara militer itu, di antaranya Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho ST, Wagubsu H T Erry Nuradi, Pangdam I/BB Mayjend TNI Istu Hari S, Kajatisu Bambang Setyo Wahyudi, Kapoldasu Irjen Pol Drs Syarief Gunawan, Kapolresta Medan Kombes Nico Afinta dan Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Aswin Sipayung SH.





Sumber : Analisadaily

No comments:

Post a Comment