Friday, May 23, 2014

Indonesia Imbau Militer dan Kelompok Sipil Thailand Redakan Konflik


Jakarta (MI) : Pemerintah Indonesia menghimbau militer Thailand dan sejumlah kelompok sipil yang bertikai menghentikan pertikaian dan mengembalikan situasi politik yang kondusif negeri gajah putih tersebut.
"Indonesia menyerukan kepada angkatan bersenjata Thailand dan berbagai elemen sipil terkait, agar bekerjasama dalam suasana rekonsiliatif untuk segera memulihkan situasi politik di Thailand," imbau Marty Natalegawa, dalam keterangan persnya yang diterima GATRAnews, di Jakarta, Jumat (23/5).

Marty mengatakan, Indonesia menyerukan pemulihan situasi politik di Thailand. Indonesia mengikuti dengan penuh keprihatinan perkembangan di Thailand, atas pengambilalihan pemerintahan dan kekuasaan oleh militer negara, Kamis kemarin (22/5), menyusul krisis politik yang berkepanjangan.

Imbauan tersebut bukan maksud Indonesia mencampuri perkembangan dalam negeri negara Thailand, namun sebagai bagian masyarakat ASEAN, khususnya Masyarakat Politik Keamanan ASEAN, serta sesuai Piagam ASEAN yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokrasi dan pemerintahan yang konstitusional, maka perkembangan di Thailand tersebut patut menjadi kepedulian Indonesia bersama ASEAN.

Selain menghimbau pihak yang berkonflik, Indonesia akan berkomunikasi dengan Myanmar, selaku ketua ASEAN, untuk menggalang kontribusi ASEAN dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi pemulihan situasi politik di Thailand.
Sumber : GATRAnews

1 comment:

  1. Jgn sampai di Indonesia terjadi sprt ini, siapa pun nnti yg menang Pilpres harus didukung. Thailand contoh konkrit utk Indonesia. kepentingan dua kubu berlarut-larut sprti yg terjdi di Thailand ini menghasilkan situasi politik yg gk kondusif dan akhir'y terpaksa militer yg mengamankan'y.

    ReplyDelete