Saturday, December 21, 2013

KODAM IX/Udayana Tingkatkan Pengamanan Perbatasan RI-Timor Leste



DENPASAR (MI)Untuk pengamanan Natal dan Tahun baru, Kodang IX/Udayana meningkatkan pengamanan perbatasan Indonesia-Republik Demokratik Timor Leste. Pangdam juga menyampaikan bahwa prajurit TNI yang ditugaskan selalu siaga dalam mengamankan tanah air yang dinilai menjadi incaran negeri tetangga, khususnya perbatasan Indonesia-Timor Leste.


“Untuk pengamanan Natal dan tahun baru, kita sudah meningkatkan pengamanan di perbatasan Indonesia-Timor Leste. Prajurit selalu siap melaksananan tugas dengan baik untuk menjaga tanah air,” kata Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya, Denpasar, Sabtu(21/12).



Hal yang diwaspadai bagi prajurit TNI yang bertugas di perbatasan adalah tindakan penyelundupan. Penyelundupan ini sering terjadi, biasanya terkait sembako dan BBM. Akan tetapi kemungkinan kejahatan lainnya juga diantisipasi.



“Biasa lah, banyak tetangga kita yang ingin melihat negara kita yang subur, makmur, yang indah. Dan biasanya yang perlu diantisipasi adalah penyelundupan,” tambanhya.



Kodam IV/Udayana membawahi tiga Korem yaitu Korem 161/ Wira Sakti di kupang NTT, Korem 162/ Wira Bhuana di Mataran NTB, dan Korem 163/Wirasatya yang bermarkas di Denpasar Bali. Resimen induk Militer adalah Kodanm IX/Udayana yang bermarkas di Denpasar Bali. Dengan cakupan wilayan yang luas, yaitu Bali, NTB dan NTT dipastikan jumlah prajurit cukup untuk pengamanan perbatasan yang kemungkinan akan membutuhkan personil banyak jika dibutuhkan mendadak. Walaupun menjelang Natal dan tahun Baru pengamanannya ditingkatkan, untuk saat ini suasanannya cukup kondusif.






Sumber : Jaringnews

No comments:

Post a Comment