Friday, March 7, 2014

Menhan Sampaikan Empat Agenda Besar Kegiatan Kemhan Pada Para Athan Negara Sahabat


Jakarta (MI) : Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Kamis (6/3), kepada para Atase Pertahanan negara sahabat menyampaikan empat agenda penting kegiatan besar  Kementerian Pertahanan yang berlangsung pada bulan Maret dan April. Hal ini mengingat pentingnya acara-acara yang akan dilaksanakan dan berharap para Athan negara sahabat dapat menghadiri kegiatan-kegiatan penting tersebut.

Hal itu disampaikan Menhan Purnomo Yusgiantoro dalam acara coffee morning dengan Atase Pertahanan negara sahabat di Kemhan, Jakarta. Hadir mendampingi Menhan saat acara coffee morning ini Wakil Menhan Sjafrie Sjamsoeddin dan segenap jajaran Eselon I dan II Kemhan.

Menhan mengharapkan para Athan negara sahabat menghadiri kegiatan-kegiatan kemhan tersebut. Hal lainnya adalah akan dilaksanakannya Pemilihan umum pada bulan April dan Juli. Menhan menjelaskan bahwa Kemhan dan pimpinan Menhan tidak akan ikut campur dalam politik praktis dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung bulan depan.

Dalam sambutannya menhan juga menjelaskan kepada para Athan negara sahabat bahwa modernisasi alutsista TNI yang dilaksanakan pemerintah dalam 10 tahun terakhir ini adalah ide dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena sejak tahun 1998 ketika krisis ekonomi melanda Indonesia, Alutsista tidak mengalami modernisasi. Dan pada akhir masa jabatannya pada akhir tahun ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ingin memperlihatkan kepada masyarakat Indonesia seluruh Alutsista yang dibeli dalam rangka modernisasi selama 10 tahun kepemimpinannya.

Mengenai agenda kegiatan Kemhan, Menhan menjelaskan bahwa rencananya Presiden akan memeriksa Alutsista TNI AL di Surabaya pada 12 Maret 2014, setelah itu Presiden RI akan memimpin Sidang KKIP (Komite Kebijakan Industri Pertahanan) yang sesuai dengan UU Industri Pertahanan, Presiden adalah Ketua KKIP.

Agenda selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh Kemhan adalah pelaksanaan Jakarta International Defence Dialogue (JIDD) yang ke-4 pada tanggal 19 dan 20 Maret 2014 mendatang. Menhan juga meminta bantuan kepada para Athan dalam upaya penyampaian undangan bagi delegasi negara masing-masing. Topik JIDD ke-4 ini adalah keamanan maritim sebagai isu penting di kawasan Asia Pasifik.

Pada tanggal 26 Maret 2014 akan dilaksanakan upacara pembukaan IPSC (Indonesia Peace and Security Center) yang akan dibuka langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. IPSC terdiri dari 7 fasilitas yaitu Pusat Misi Pasukan Perdamaian, Pusat latihan penanggulangan terosisme, Pusat penanggulangan bencana dan bantuan kemanusiaan, Pusat pasukan siaga, Pusat pelatihan bahasa, Pusat latihan olahraga militer dan Universitas Pertahanan.

Dengan dibukanya secara resmi IPSC ini, maka secara bertahap, aktivitas akademik UNHAN akan berpindah ke gedung baru di kawasan ini. Dan kemudian pada bulan April akan dilaksanakan wisuda kelulusan mahasiswa UNHAN untuk pertama kalinya di Kawasan IPCS Sentul. Menhan akan memberikan orasi ilmiah pada saat wisuda yang mungkin akan menjadi yang terakhir kalinya sehubungan dengan akan berakhirnya masa kerja Kabinet Indonesia Bersatu II. Karena itu, Menhan berharap para Athan negara sahabat untuk menghadirinya sebagai tamu kehormatan.

Kemudian Menhan juga menginformasikan bahwa pada tanggal 29 Maret 2014 akan dilaksanakan Latihan oleh TNI AL yaitu Latihan Komodo yang akan dilaksanakan di Batam, Menhan mengatakan dirinya akan hadir untuk menyaksikan langsung bersama Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko. Menhan mengundang para Athan negara sahabat untuk menghadiri dan menyaksikan latihan ini.

Menhan selanjutnya menjelaskan, pada bulan Maret ini juga akan dilaksanakan paparan tentang produk-produk strategis pertahanan seperti Strategic Defence Review, Buku Putih Pertahanan Negara dan Postur Pertahanan Negara yang sudah direvisi, disesuaikan dengan Rencana Strategis ke II tahun 2015-2019. Paparan ini akan dilakukan oleh Dirjen Strategi Pertahanan Kemhan Mayjen TNI Sonny ESP dan Dir Kebijakan Strategis Ditjen Strahan Kemhan Brigjen Yoedi Swasono.





Sumber : DMC Kemhan

No comments:

Post a Comment