Wednesday, June 12, 2013

PT PAL Lakukan Peletakan Lunas KCR 60 Meter

130612_kapal-kcr-60.jpg

SURABAYA (MI) : PT PAL Indonesia (Persero) melakukan peletakan lunas (keel laying) kapal cepat rudal (KCR) 60 meter pesanan TNI AL, yang dijadwalkan penyerahannya pada pertengahan Juni 2014.

Direktur Utama PT PAL Indonesia M. Firmansyah Arifin mengatakan KCR 60 meter tersebut merupakan bagian dari tiga kapal sejenis pesanan TNI AL yang kontrak pesanan/pembuatannya telah ditandatangani pada 2011.

Menurutnya, peletakan lunas KCR 60 meter pertama telah dilakukan pada Februari tahun ini dan dijadwalkan penyerahannya pada akhir Desember 2013. Peletakan lunas kapal sejenis kedua dilakukan pada 18 April lalu dan akan diserahkan pada pertengahan Maret 2014.


“Kami telah memperbaiki sistem produksi, sehingga diyakini dapat menyelesaikan KCR 60 meter yang ketiga ini sesuai jadwal pada pertengahan Juni 2014,” ujarnya seusai pelaksanaan keel laying KCR 60-M Hull  No. W000275, hari ini Rabu (12/6 2013).

Firmansyah tidak merinci berapa harga kontrak KCR 60-M per unitnya. Dia menyatakan komitmennya guna berperan aktif mendukung kemandirian bangsa di bidang pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) maupun modernisasi alutsista.

“Kami bangga diberikan kepercayaan oleh TNI AL untuk berperan menciptakan keamanan dan martabat bangsa serta penghematan devisa negara berupa pembuatan alutsista di dalam negeri, meskipun sebagian komponen KCR 60-M masih impor,” tuturnya.




Sumber : BISNIS

1 comment:

  1. Kemenhan hrs mempertimbangkan dg pembuatan pabrik PT Pal yg kedua, agar penggarapan kapal2 penanan TNI AL berjalan cepat dan membumka kesempatan kerja baru utk anak2 bangsa lainnya. Jadi jangan terpaku satu PT Pal surabaya aja, itu baru cara berpikir utk menjadi negara maju bahari dan dibuka universitas maritim baru disetiap propinsi di Indonesia.

    ReplyDelete