Saturday, June 15, 2013

Dankolatarmabar Memimpin Penilaian Geladi Tugas Tempur Tingkat I dan II Tahun 2013


Jakarta (MI) : Komandan Komando Latihan Komando Armada RI Kawasan Barat (Dankolatarmabar) Kolonel Laut (P) Yudo Margono memimpin penilaian Geladi Tugas Tempur (Gelagaspur) Tingkat I dan II tahun 2013 di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bandung, baru-baru ini.

Menurut Dankolatarmabar, Lanal bertugas menyelenggarakan dukungan logistik, administrasi bagi unsur-unsur, satuan, Komando Utama (Kotama) TNI AL dan melaksanakan pembinaan potensi maritim sehingga menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara dilaut serta tugas-tugas lainnya berdasarkan kebijakan Kasal dalam penyelenggaraan fungsi-fungsi yang diembannya. 

Didalam pelaksanaan tugas pokok tersebut Lanal dituntut untuk memiliki beberapa kemampuan seperti halnya kemampuan dukungan logistik dan administrasi, kemampuan pembinaan intelijen, kemampuan pengamanan laut, kemampuan penyelenggaraan bantuan operasi pada otoritas sipil, kemampuan pertahanan pangkalan serta kemampuan Komando, Kendali, Komunikasi dan Informasi (K3I).

Lebih lanjut Dankoalatarmabar mengatakankan, kemampuan-kemampuan Lanal ditentukan oleh kesiapan dan keterampilan personel pengawak disamping sarana prasarana pendukung serta fasilitas yang dimilikinya, untuk mencapai dan mempertahankan kesiapan kesatuan yang tinggi harus dilaksanakan latihan secara bertingkat serta berlanjut sepanjang tahun baik yang terprogram maupun tidak terprogram. Wujud keberhasilan dari penyelenggaraan pembinaan latihan ini senantiasa harus terukur sehingga dapat menjadi indikator tingkat kesiapan tempur Lanal dalam melaksanakan tugas pokoknya, untuk melaksanakan itu diperlukanlah Uji Terampil. 

Kolatarmabar sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai Komando Pelaksana Pembinaan (Kolakbin) Koarmabar di bidang pembinaan latihan melaksanakan penilaian di Lanal Bandung yang berlangsung pada tanggal 11 sampai dengan 12 Juni 2013 dengan hasil yang sangat memuaskan. '




Sumber : Koarmabar

No comments:

Post a Comment