Monday, June 10, 2013

Militer AS & TNI Gelar Latihan Militer di Depok


DEPOK (MI) : Panglima Divisi Infantri I Kostrad Mayjen TNI Daniel Ambat mengajak tentara angkatan darat Amerika Serikat (AS), US Army Garuda Shield 2013 untuk latihan militer bersama di Markas Divisi Infanteri I Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat, Senin (10/06/2013).

Latihan bersama yang berlangsung 10-21 Juni 2013 dihadiri Duta Besar Amerika Serikat Scot Marciel, Deputy Commanding General for the Army National Guard United States, Pasifik (Usarpac), Major General Gary M. Hara, dan para  perwira tinggi dilingkungan TNI AD.

Mayjen TNI Daniel Ambat mengatakan latihan bersama ini merupakan salah satu wujud kerjasama latihan militer kedua negara antara TNI AD dengan Angkatan Darat Amerika Serikat. Dengan latihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keprofesionalitasan para peserta latihan tentang berbagai materi dalam rangka penyelenggaraan operasi perdamaian dunia, operasi lintas udara, dan operasi bantuan sosial, serta kemanusiaan.


"Selain itu, latihan ini juga semakin memantabkan profesionalisme para prajurit sekaligus mempererat dan memperkokoh kerjasama antara TNI AD dan Angkatan Darat Amerika Serikat yang dilandasi rasa saling percaya dan saling menghormati," ujarnya.



Prajurit yang profesional, kata Daniel, latihan merupakan suatu kebutuhan utama guna menjamin pelatihan pelaksanaan tugas serta kesiapan pasukan dalam menghadapi berbagai kemungkinan. Karateristik wilayah yang berbeda-beda dari negara-negara yang mengalami konflik membutuhkan pola penanganan yang tidak sama antara satu daerah operasi dengan daerah operasi lainnya.



"Karena itu diperlukan skenario latihan yang realistis mendekati kondisi medan tugas yang seebenarnya. Sehingga diharapkan dalam pelaksanaan tugas operasi dapat berhasil dengan baik. Latihan ini merupakan latihan interaktif dan bukan sekedar latihan kemiliteran, latihan ini juga sebagai sarana kemitraan pasifik," jelasnya.


Latihan Garuda Shield ini meliputi berbagai materi, diantaranya materi gladi komando dua negara dengan titik berat pada proses perencanaan dan pengendalian operasi perdamaian dunia. Sementara itu, Deputy Commanding General for the Army National Guard United States, Pasifik (USARPAC), Major General Gary M. Hara mengatakan, latihan ini merupakan kegiatan penting yang memungkinkan Amerika Serikat (AS) dan Indonesia untuk terlibat bukan hanya dalam urusan militer, tetapi sebagai mitra di kawasan Asia-Pasifik.


"Kami bekerjasama dengan Indonesia diberbagai kawasan regional Asia-Pasifik, mulai dari APEC sampai AsEAN dan KTT Asia Timur. Tentara kami bekerjasama dengan semangat tumbuh kolaboratif yang sama setiap tahunnya. Motto kami di USARPAC adalah Satu Tim," katanya.
 
 
 
 
 



Latihan ini merupakan kesempatan bagi militer kedua negara belajar bersama berbagi pengalaman, taktik, teknik dan pelajaran yang bermanfaat. Tak kalah penting adalah pelatihan ini memberikan kesempatan untuk membentuk persahabatan erat dan penghargaan yang terus berkelanjutan bagi adat dan budaya kedua negara.


"Persahabatan ini menjadikan tentara dan masyarakat dunia yang lebih baik tidak pernah berhenti memperluas wawasan dan mengemban misi untuk terus menghargai kekayaan budaya dan tradisi satu sama lain," ujar Hara.



Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment