Tuesday, June 11, 2013

Indonesia Akan Miliki Satu-satunya Ahli Nuklir di Dunia


JAKARTA (MI) : Dalam waktu dekat Indonesia akan memiliki satu-satunya ahli nuklir di dunia yang menerapkan pengayaan uranium dengan teknologi rendah.

"Indonesia akan punya ahli nuklir satu-satunya yang berhasil dalam pengayaan nuklir teknologi rendah. Pak Dokter Yudi Utomo menjadi satu-satunya ahli nuklir di dunia yang bisa menerapkan pengayaan uranium berteknologi rendah," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan saat menjadi pembicara seminar "Manajemen Bisnis Keluarga 2013 : Old Style vs New Style" di Universitas Atmajaya, Jakarta, Selasa (11/6).

Lebih lanjut Dahlan katakan sebenarnya ada beberapa negara produsen reaktor nuklir, seperti Kanada, Belgia, dan Belanda yang sudah menerapkan teknologi uranium untuk pengobatan, namun masih menggunakan teknologi tinggi.

"Tapi sebentar lagi itu akan dilarang penggunaannya karena bisa digunakan menjadi senjata kimia dan Indonesia bisa menerapkan tenaga rendah, Indonesia bisa menjadi satu-satunya produsen radio isotop di dunia," paparnya.

Di samping itu, perusahaan plat merah yang bergerak di bidang teknologi, yakni PT Batan Teknologi selama ini sudah memasarkan radio isotopnya ke beberapa negara seperti China, Taiwan, Malaysia, Singapura, dan Amerika Serikat.

Nantinya kata Dahlan, dirut BUMN riset dan teknologi akan membuka pabrik di Amerika Serikat, khususnya di kawasan Virginia untuk memproduksi radioisotop di bidang kesehatan.

"Karena kebutuhan Amerika akan bahan kimia ini sangat besar, yaitu enam ribu curie (Ci) per minggu untuk 1.500 rumah sakit. Kami meminta beliau untuk mendirikan pabrik di Virgina. Kami doakan semoga beliau mampu melakukan hal itu," harap bekas dirut PLN ini. 




Sumber : JPNN

2 comments:

  1. Pak DR Yudi Utomo hrs mendapatkan bintang jasa yg tertinggi utk teknologi pembangunan, pemerintah hrs tanggap bila warganya dpt menemukan ilmu utk umat dan hrs dibuatkan UU utk pemberian gelar/bintang bagi penemu2 pengetahuan bukan hanya TNI aja.

    ReplyDelete
  2. kami garis bawahi Dr. Yudi Utomo mendapatkan bintang jasa utama ilmu pengetahuan dan teknologie dibidang Radio Isotop Nuklir dengan teknologi rendah. tentunya sangat berjasa dibidang kesehatan, teknik, pangan dan pertanian. Pak Dahlan Iskan maju terus dan kembangkan dan aplikasikan komuditas radio isotop menjadi komoditas export kebanggan indonesia dan menjadi satu2 nya negara yang mampu mempriduksi radio isotop berbasis Nuklir teknologi Rendah.bravo pak dahlan sukses juga untuk 2014.

    ReplyDelete