Senin, 27 Oktober 2014

Tinjau Kesiapan Skadron Udara 16 3 Pejabat Mabesau Kunjungi Lanud RSN


Pekanbaru (MI) : Hari demi hari instesitas persiapan pengoperasian Skadron Udara 16 mendapat atensi khusus jajaran pimpinan TNI AU. Terakhir, 3 Pati TNI AU yang dipimpin oleh Aslog Kasau, Marsda TNI Sudipo Handoyo meninjau langsung pangkalan bagi pesawat tempur F-16 ini, Kamis (23/10).
Kedatangan rombongan yang menggunakan pesawat komersil ini, disambut oleh Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis di Gedung VIP Lancang Kuning, Bandara SSK II, Pekanbaru. Setibanya di Pekanbaru Aslog Kasau yang didampingi oleh Kadis Faskon Mabesau, Marsma TNI Mukhtar Lutfi dan Kadiskum Mabesau, Marsma TNI Benjere ini langsung menuju ke Skadron Udara 16.

Selama berada di Skadron Udara 16, rombongan meninjau kondisi fisik Hanggar dan Shelter serta kelengkapan seluruh perangkat kerja yang berada di dalam ruangan secara detail.

Demikian juga dengan kondisi fisik  Apron dan Taxi Way juga menjadi perhatian khusus oleh ketiga Pati Mabesau tersebut. Pada kesempatan tersebut Danlanud Rsn menyampaikan rencana pembuatan Taxyway Paralel yang akan menghubungkan Taxyway Charlie yang berada di Skadron Udara 12 dengan Taxyway Delta yang ada di Skadron Udara 16 ini. Dengan adanya Taxyway Paralel ini, akan mempermudah pergerakan pesawat pada saat melaksanakan Taxy In maupun Taxy Out nantinya.

Danlanud Rsn juga menyampaikan rencana pembuatan Schramble Area yang berada di kedua ujung Runway yang terhubung langsung dengan Apron Skadron Udara 16 dan Apron Skadron Udara 12. Perencanaan yang disampaikan oleh Danlanud tersebut mendapat apresiasi tersendiri dari Aslog Kasau beserta rombongan bahkan, Aslog Kasau menyampaikan, Taxyway Paralel tersebut dapat dijadikan sebagai Runway cadangan yang sewaktu-waktu sangat dibutuhkan pada saat Runway utama tidak bisa digunakan.  Sedikit evaluasi dan penyempurnaan rencana tersebut sempat disampaikan pimpinan rombongan Asisten Logistik Kasau kepada Danlanud Rsn Kolonel Pnb M Khairil Lubis.

Selanjutnya rombongan meneruskan peninjauan ke perumahan Merpati, mess Panther dan mess Falcon. Fasilitas ini merupakan peruntukan bagi personil Skadron Udara 16 nantinya. pada spot yang ditinjau ini rombongan menilai sudah sangat baik termasuk segala perlengkapan mess yang sudah tergelar dengan lengkap dan rapi.

Rombongan juga melihat lokasi penempatan pondasi Arresting Cable yang berada di pinggir Runway dan mendapat penjelasan langsung mengenai hasil ujicoba Arresting Cable tersebut   menggunakan pesawat F-16 beberapa waktu lalu.
Sebelum mengakhiri peninjauannya, rombongan Mabesau juga menyempatkan diri meninjau Pot P5 di ACMI serta Simulator pesawat Hawk 200 yang saat ini sedang melaksanakan uji fungsi setelah pelaksanaan Upgrade beberapa waktu yang lalu.

    Dari hasil peninjauan di lapangan, terlihat bahwa Lanud Roesmin Nurjadin sudah siap untuk mengoperasikan Skadron Udara 16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar