Jumat, 31 Oktober 2014

KRI Tanjung Kambani-971 Angkut Bibit Pohon ke Timor Leste


Jakarta (MI) : Salah satu kapal perang TNI Angkatan Laut di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), yakni KRI Tanjung Kambani-971 mengangkut bantuan, berupa 19.500 bibit pohon untuk Timor Leste. Kapal diberangkatkan dari Dermaga Kolinlamil, Kamis (30/10/2014).

Kapal perang binaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta tersebut membawa bibit pohon dari 17 macam pohon, di antaranya Mahoni Uganda (Khaya anthotheca), sukun, kayu afrika (Maesopsis eminli), ketapang, manglid, rasamala (Altingia excels), eboni, nangkadak, dan Meranti (Shorea sp.), serta puluhan ribu biji-bijian dari berbagai macam pohon yang kesemuanya berasal dari Paguyuban Budiasi (Budidaya Trembesi) di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Menurut Dansatlinlamil Jakarta, Kolonel Laut (P) Heri Widodo, tugas pengangkutan bibit pohon buah dari Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Timor Leste oleh salah satu KRI, merupakan salah satu bagian dari tugas Kolinlamil pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yakni melaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka menunjang pembangunan nasional.

Pengiriman bantuan berupa bibit pohon merupakan bentuk kerja sama, melalui Paguyuban Budiasi dan TNI Angkatan Laut, berdasarkan permintaan dari Pemerintah Timor Leste kepada Pemerintah Indonesia untuk gerakan penghijauan.

KRI Tanjung Kambani-971 dikomandani Letkol Laut (P) Djoko Prijatin. Kapal perang tersebut memiliki panjang 114,50 meter dan lebar 19,80 meter dan kedalaman 6,00 meter yang berbobot mati 7.138,9 ton dan memiliki kecepatan maksimum 13 knots.













 Sumber : Jurnalmaritim


Tidak ada komentar:

Posting Komentar