Sunday, October 26, 2014

Angkatan Laut Indonesia-Amerika Duet di Medan


Medan (MI) : Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Marsetio dan U.S. Secretary of the Navy (Menteri Angkatan Laut Amerika Serikat) Ray Mabus melakukan pertemuan bilateral di JW Marriot Hotel, Medan, Sumatera Utara,  Sabtu malam (25/10/2014).
Dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai topik, termasuk pentingnya hubungan kerja sama yang baik antara Angkatan Laut Amerika Serikat dan TNI AL, serta potensi kerja sama militer di masa mendatang.
Pada kesempatan pertemuan Angkatan Laut kedua negara yang juga dihadiri sejumlah Gubernur serta pejabat militer maupun sipil tersebut diwarnai dengan saling tukar menukar cendera mata.
Kehadiran Ray Mabus beserta rombongan di Indonesia dengan menggunakan pesawat US Navy VV100 warna putih polos bernomor 376 yang telah mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, Sumatra Utara, pada sore harinya, disambut Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio beserta sejumlah pejabat TNI maupun Pemda setempat.
Setelah sebelumnya Ray Mabus dikalungi rangkaian bunga, Menteri Angkatan Laut Amerika Serikat ini juga disuguhi tari selendang yang merupakan salah satu tarian khas Melayu,
Ray Mabus merupakan Menteri Angkatan Laut Amerika Serikat ke-75 yang bertugas untuk memimpin Departemen yang membawahi Angkatan Laut dan Korps Marinir Amerika Serikat, dimana menurut hukum dan perundangan AS harus dipegang oleh seorang pejabat sipil.
Sebagai Menteri Angkatan Laut Amerika Serikat, Mabus bertanggung jawab atas segala urusan dari Departemen Angkatan Laut, termasuk perekrutan, pengorganisasian, pengadaan perlengkapan, pelatihan, dan mobilisasi. Ia juga mengawasi konstruksi dan perbaikan dari Armada Angkatan Laut, pesawat udara dan fasilitasnya, dan memformulasi serta mengimplementasi kebijakan dan program sesuai dengan kebijakan keamanan nasional. Mabus bertanggungjawab atas pengaturan anggaran tahunan Angkatan Laut AS sebesar lebih dari 170 milyar dolar dan memimpin lebih dari 900.000 personel.
Sementara itu Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat bernama USS  Rodney M. Davis dengan awak 200 personel berkunjung ke Belawan, Medan, Sumatera Utara, pada  23 hingga 27 Oktober 2014.
Sebelum tiba di pelabuhan Belawan, kapal perang USS Rodney M. Davis melaksanakan manuver latihan dengan kapal perang TNI AL. Komandan USS Rodney M. Davis, Commander Todd Whalen mengaku, rasa antusiasnya tentang kunjungan ke Indonesia. Ia juga mengatakan, “Kapal Rodney M. Davis memiliki sejarah yang sangat erat dengan di wilayah Asia-Pasifik. Personel kami sebelumnya telah bekerja sama dengan TNI AL dan pernah melaksakanakan latihan bersama, kami sangat senang untuk berkunjung ke Medan dan membangun komunikasi serta berinteraksi, menumbuhkan hubungan dekat dan menjalin persahabatan dengan TNI AL.
Kapal USS Rodney M. Davis ini adalah fregat kelas Oliver Hazard Perry dari Armada ke-7 Amerika Serikat yang memiliki tugas mendukung keamanan dan stabilitas di Samudera Hindia dan Wilayah Asia Pasifik. Pada bulan Agustus 2014, kapal USS Rodney M. Davis pernah berpartisipasi dalam kegiatan “Sail Raja Ampat” yang digelar di wilayah Perairan Papua Barat. Kegiatan Sail Raja Ampat diikuti lebih dari 50 kapal dari Indonesia Singapura, dan Australia. Sebelumnya, kapal ini juga pernah melaksanakan operasi counter-narcotics di lepas pantai Amerika Selatan. Nama kapal ini, diambil dari nama Sersan Anumerta Rodney M. Davis, seorang prajurit Marinir Amerika Serikat yang mendapatkan medali kehormatan atas kepahlawanannya dalam perang Vietnam.
Turut hadir pada acara tersebut, dari TNI AL: Aspam Kasal Laksda TNI Ir. I Putu Yuli Adnyana, M.H., Pangarmabar Laksda TNI Widodo, S.E., Kadispenal, Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E., Msc., Kadisdikal Laksma TNI Dr. Ir. Supartono, M.M., Paban lV Hubungan Luar Negeri Spamal Kolonel Laut (E) Ir. Yunus Ismail, M.Si (Han), Koorsmin Kasal Kolonel Laut (P) Erwin S. Aldedharma, Kabagset Kasal Letkol Laut (KH) Ali Ridlo, S.H., M.M, Protokol Kasal Mayor Marinir Tri Yudha I., serta para pejabat terkait lainnya.
Sementara itu Ray Mabus didampingi Chief of Staff Thomas Oppel, Deputy Under Secretary of the Navy for Policy Jodi Greene, Military Assistant Capt. Stephen Evans (USN), Secnav Public Affairs Officer LTJG Eric Durie (USN), serta sejumlah pejabat militer Amerika Serikat lainnya.








Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment