Kamis, 30 Oktober 2014

12th IADSD Wadah Diskusi Isu Geostrategis Terkini Indonesia - Australia

http://dmc.kemhan.go.id/images/uploads/541082iasd-27-okt-2014-foto.jpg

Jakarta (MI) : 12thIndonesia-Australia Defence Sterategic Dialogue (IADSD) yang telah dimulai sejak 12 tahun yang lalu dilaksanakan dengan beberapa tujuan mendasar yaitu kesempatan bagi personel Pertahanan kedua negara untuk saling bertukar pikiran, pandangan dan mendiskusikan isu-isu geostrategis terkini yang menjadi perhatian kedua negara.

Demikian dijelaskanDirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Yoedhi Swastanto yang memimpin delegasi Indonesia dalam pembukaan12th Indonesia-Australia Defence Strategic Dialogue (IADSD) yang dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2014 di Kemhan, Jakarta. IADSD juga digunakan untuk merencanakan program kerjasama bilateral pertahanan yang akan dilaksanakan pada tahun mendatang. IADSD memberikan kesempatan bagi para peserta dari kedua negara untuk menjalin jejaring kerjasama dan persahabatan untuk memperkuat hubungan kerjasama pertahanan kedua negara.Delegasi Indonesia terdiridariperwakilanKementerianLuarNegeri, Mabes TNI, Kemenko Polhukam, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Badan Koordinator Keamanan Laut (Bakorkamla).

Dialog yang berlangsung selama dua hari ini terdiri dari dua sesi yaitu sesi saling bertukar pandangan mengenai isu-isu strategis antara delegasi kedua negara dan sesi pembahasan kerjasama bilateral pertahanan dalam working group. Dalam sesi saling tukar pandangan mengenai isu pertahanan strategis Delegasi Indonesia memaparkan mengenai ISIS dan terorisme, keamanan maritim serta perkembangan terkini Buku Putih Pertahanan Indonesia. Sedangkan Delegasi Australia membahas mengenai Cyber Defence dan pandangan mengenai postur US Force di Kawasan Pasifik.

Dalam sesi working group yang dibagi menjadi tiga kelompok, membahas mengenai kerjasama industri pertahanan dan modernisasi militer, perencanaan dan kebijakan strategis, serta koordinasi hubungan pertahanan.Beberapa program dalam the 12th IADSDmerupakan implementasi dari The Joint Understanding on the Code of Conductyang telah ditandatangani pada tanggal  28 Agustus tahun ini. Forum ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan 11th IADSD sebelumnya yang diselenggarakan di Canberra, Australia pada tahun 2013 lalu.

First Assistant Secretary International PolicyDivision Department of DefenceMr Scott Dewarsebagai pimpinan Delegasi Australia menjelaskan bahwa hubungan kerjasama pertahanan kedua negara terjalin sangat erat terutama pada level pimpinan. Seperti kehadiran Menhan Australia saat JIDD 2014 lalu, dan kunjungan Panglima TNI ke Australia, serta kehadiran Kepala Staf Angkatan Udara Australia saat perayaan HUT TNI 2014.













Sumber : DMC Kemhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar