Wednesday, June 4, 2014

Lanud ABD Saleh Siapkan 10 Pesawat Dukung Pra-Latgab TNI


Malang (MI) : Hari ini, Rabu (4/6), pagi-pagi buta, sebanyak 14 pesawat Hercules beriringan melaksanakan misi penerjunan di daerah sasaran Asembagus Situbondo Jawa Timur.   Satu demi satu burung-burung besi tersebut terbang meninggalkan landas pacu Lembah Bromo membelah angkasa untuk melaksanakan tugasnya dalam rangka Latgab TNI tahun 2014.   Dalam Operasi tersebut Lanud Abd Saleh mengoperasikan 10 pesawat yang terdiri dari 6 pesawat Hercules, 2 pesawat Cassa, dan 2 pesawat Super Tucano.   

Sebelum misi penerbangan dilakukan, Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Wayan Superman terlebih dahulu memimpin Briefing di ruang Briefing Wing 2 Lanud Abd Saleh yang diikuti seluruh pelaku dan pendukung yang terlibat dalam latihan tersebut.  “Dalam misi ini kemampuan kalian diuji, untuk itu laksanakan misi ini dengan sungguhsungguh dan jangan melupakan faktor keamanan.  Mission accompleised but safety number one.!!!” Demikian Kolonel Pnb Wayan Superman menekankan pesannya.

Selanjutnya dua burung besi andalan Skadron Udara 4 Lanud Abd Saleh, melaksanakan tugas pengintaian terhadap kedudukan lawan yang diasumsikan berada di daerah Asembagus, Situbondo, Jawa Timur.  Ketajaman mata Wallet Besi dari Skadron Udara 4 ini memang sudah tidak diragukan lagi, sehingga situasi dan kondisi kedudukan lawan dapat direkamnya dengan akurat, cepat dan aman, selanjutnya segera melaporkan hasil pengintaiannya.


Giliran selanjutnya 14 ekor Burung Besi berbadan besar dari Skadron 32 Lanud Abd Saleh dan Skadron Udara 31 Halim P. secara berurutan menerjunkan Pasukan Berpayung Lintas Udara (Linud) untuk melakukan penyerbuan daerah kedudukan musuh.   Seiring dengan langkah penyerangan pasukan berpayung tersebut, 3 Gatutkaca “Super Tucano” dari Skadron Udara 21 Lanud Abd Saleh mulai memuntahkan amunisinya memberikan bantuan serangan udara langsung (SUL) udara darat, agar pasukan Linud dapat dengan mudah menguasai daerah kedudukan musuh.   “Gatutkaca” dari lembah bromo ini meski kecil tapi memiliki kelebihan ketajaman bidik yang sangat akurat, sehingga pasukan musuh berhasil dibuat porak poranda.

Tidak sia-sia para pucuk pimpinan TNI mendidik “Gatutkaca-Gatutkaca” tersebut, karena misi dapat terlaksana sebagaimana perencanaan awal yang telah ditetapkan.  Dengan sayap terkembang burung-burung besi tersebut kembali ke home base dengan membawa hasil membanggakan atas pelaksanaan tugasnya berjalan aman, lancar, dan yang lebih membanggakan adalah, bahwa tidak hanya sasaran yang hendak dicapai dalam pelaksanaan operasi latihan tersebut dapat terwujud sebagaimana yang telah diharapkan tetapi fakctor keamanan tetap dapat terjaga.   









Sumber : TNI AU

No comments:

Post a Comment