Jumat, 06 Juni 2014

Paspampres Ikuti Latihan Bersama Penanggulan Teror di Korea Selatan


Seoul (MI) : Sadar akan kompleksitas tantangan dan ancaman yang terus meningkat, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengikuti kegiatan Joint Exercise Counter Terrorism with 707th CT/SMB pada 12 - 24 Mei di Gwaju, Korea Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 20 anggota Paspampres yang telah berhasil lolos dari proses seleksi ketat dua bulan sebelumnya. Latihan bersama tersebut dipusatkan di sebuah training centre yang sarat akan fasilitas pendukung.
 
Latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel Paspampres dalam menangani dan mengantisipasi serangan teroris yang dapat membahayakan keselamatan VVIP. Hal ini tentu sangat berguna bagi anggota Paspampres yang dalam kesehariannya berjibaku dengan berbagai kemungkinan ancaman terhadap Kepala Negara yang dikawalnya. Dari hasil latihan yang berlangsung selama kurang lebih dua minggu tersebut, menjadikan anggota Paspampres mendapatkan berbagai pengalaman baru.

Pengalaman baru yang dimaksud tidak terlepas dari berbagai materi latihan yang diberikan. Diantara materi latihan tersebut meliputi obstacle course, rappeling, markmanship pistol dan smg (mp5 dan mp9), close quarter battle (cqb), dan lain sebagainya. Metode latihan yang diberikan pun tidak hanya menjadikan para peserta sebagai objek pelatihan semata, tetapi juga sebagai subjek. Mereka dapat saling bertukar pendapat atau opini mengenai teknik maupun taktik pertempuran jarak dekat.


Seolah tidak mau mengecewakan kepercayaan yang telah diberikan, anggota Paspampres mampu membuktikan kualitas dirinya. Mereka meraih nilai rata-rata 90 untuk menembak, dan memperoleh predikat memuaskan pada materi lainnya. Semangat dan antusiasme anggota Paspampres dibayar dengan penyematan Brevet Counter Teror oleh instruktur kepala. Dan kemampuan anggota Paspampres pun mendapatkan pengakuan dari segenap instruktur yang tergabung dalam Joint Exercise Counter Terrorism with 707th CT/SMB. Bukan hanya itu, mereka juga berhasil membawa pulang sertifikat pelatihan sebagai bukti otentik atas keberhasilannya menuntaskan latihan.

http://paspampres.mil.id/sites/default/files/news_event/12707.jpg

Penyelenggaraan kegiatan latihan ini merupakan bentuk nyata kepedulian pimpinan Paspampres pada peningkatan kemampuan anggotanya. Sementara ini, Paspampres juga telah mengirimkan dua puluh orang anggota Paspampres lainnya untuk mengikuti latihan bersama Presidential Security Service Republic of Korea. Latihan bersama dengan satuan pengamanan khusus dari Negara lain merupakan suatu hal  yang bernilai sangat positif, baik bagi peningkatan kemampuan personel, citra institusi Paspampres, maupun citra bangsa  Indonesia di mata dunia internasional. Dengan penyelenggaraan latihan bersama semacam ini diharapkan juga dapat mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan. 







Sumber : Paspampres

1 komentar:

  1. halo kawan2 tni... kita pernah jumpa di gyeongbok-gung palace hr mgg kemarin.. fighting..!!!

    BalasHapus