Monday, June 2, 2014

Lanud Militer Juanda Jadi Sentral Transit Pesawat Tempur Latihan Gabungan


Surabaya (MI) : TNI akan melibatkan sebagian besar alutsistanya dalam latihan gabungan di kawasan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur. Untuk matra angkatan udara, sentra perlintasan dan transit pesawat akan ditempatkan di Lanud Militer Juanda.

"Pesawat-pesawat landing di sini sebelum ke Asembagus, termasuk pesawat VIP juga akan landing di sini," kata Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Militer Juanda, Kolonel (Pnb) Mujianto, di Lanud Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Senin (2/6/2014).

Mujianto mengatakan, saat ini masih ada 10 pesawat tempur jenis T50 yang masih terparkir di Lanud Militer Juanda. Pesawat buatan Korea ini akan diberangkatkan ke medan perang di Asembagus pada Rabu 4 Juni subuh.

"Nanti pesawat ini yang akan mengamankan pendaratan tank amfibi, satpur dan masuk dalam composite strike," katanya.


10 Unit pesawat ini memiliki 2 eksterior berbeda. 6 Unit dicat dengan warna kombinasi biru dan putih sementara 4 unit dicat warna abu-abu. Pesawat fighter yang dilengkapi drop tank tersebut tiba di Indonesia pada awal tahun ini.

"Besok pesawat ini akan bawa bom saat latihan di Asembagus," ucap Mujianto.

Selain T50, berbagai pesawat yang landing di Lanud Militer Juanda antara lain pesawat tempur hawk 10 unit, F5 4 unit, Sukhoi 8 unit dan F16 sebanyak 1 skuadron.

"Kemarin ada 28 pesawat yang landing di sini," tuturnya.

Pesawat-pesawat tempur yang didatangkan dari Lanud Militer Iswahjudi, Madiun juga tengah bersiap menuju Lanud Militer Juanda. Pesawat-pesawat tersebut membawa senjata yang akan digunakan untuk latihan tempur.

"Hercules dan Casa sudah take off dari Lanud Iswahjudi menuju ke sini," kata Mujianto.








Sumber : Detik

No comments:

Post a Comment