Sabtu, 08 November 2014

Menhan dan Kasal Luncurkan Kapal Tanpa Awak Produksi Dalam Negeri


Jakarta (MI) : Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu bersama Kepala Staf Angkatan Laut TNI Laksamana Marsetio meluncurkan produk perdana Kapal Tanpa Awak produksi industri pertahanan dalam negeri, Rabu (5/11) pada kegiatan Indo Defence 2014 Expo & Forum di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Kapal Tanpa Awak tersebut dibuat oleh perusahaan galangan kapal swasta nasional PT Lundin Industry Invest yang bekerjasama dengan perusahaan asal Swedia, SAAB. Peluncuran ditandai dengan pengguntingan pita oleh Menhan bersama Kasal di depan prototype kapal tanpa awak tersebut. Kapal Tanpa Awak tersebut masih dalam tahap membangun kapal bernama Autonomous Surface Vessel (USV) Bonefish.

Kapal dilengkapi dengan rudal RBS15 Mk3 yang berkecepatan subsonik. Rudal ini memiliki hulu ledak HET seberat 200 kg. Selain itu kapal ini juga dipersenjatai dengan naval gun 40Mk4. Tak hanya itu, radar Sea Giraffe 1X 3D yang memiliki berat 150 kg juga terpasang USV Bonefish ini. Radar ini disebut mampu mereduksi efek lengkung bumi.

 http://dmc.kemhan.go.id/images/uploads/635022peluncuran-kapal-tanpa-awak1.jpg
PT Lundin Industry Invest merupakan perusahaan pembuat kapal militer asal Banyuwangi, Jawa Timur yang berdiri sejak tahun 2001. Perusahaan ini kini menjadi andalan nasional karena mampu menciptakan kapal-kapal perang canggih berkelas dunia.

Sedangkan mitranya SAAB adalah perusahaan terkemuka di bidang industri pertahanan dan keamanan. SAAB memproduksi kapal, pesawat, dan berbagai alat penunjang pertahanan-keamanan. Produksi mereka telah dipakai di berbagai negara di dunia, termasuk oleh TNI.
















Sumber : DMC Kemhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar