Tuesday, January 7, 2014

FESTIVAL MARITIM MERIAHKAN LATMA KOMODO 2014


Jakarta (MI) : Dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan Latihan Bersama (Latma) Multilateral Komodo 2014 yang akan diikuti 17 Negara dari Negara ASEAN dan ASEAN Plus, akan diselenggarakan festifal Maritim Indonesia (Indonesian Maritime Festival) di Kota Batam dengan berbagai kegiatan, Hal ini disampaikan Danguspurlabar Laksamana Pertama TNI Dr. A. Oktavian, S.T., M.Sc., DESD, selaku Direktur latihan bersama multilateral Komodo 2014 pada saat rapat memimpin rapat kesiapan pelaksanaan Latma Multilateral Komodo.
Festival Maritim yang diselenggarakan di Kota Batam ini kegiatannya meliputi pertunjukan musik, seni dan budaya saja tetapi ada juga olahraga (sport) dan kuliner. Kegiatan dalam festival maritim ini antara lain, konferensi maritim dan pameran/expo (maritime conference and Expo), lomba Triathlon, lomba perahu naga (multilataeral naval dragon boat race, Kirab kota (Carnaval and cultural parade), festival kuliner (Cullinarry experience & multilateral cheefs Battle), panggung prajurit (band performance) dan festifal jazz.
Pelaksanaan kegiatan festival maritim ini bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Kreatif (Kemenparekraf), Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemkot Batam, Anambas dan Natuna serta masyarakat maritim dengan tujuan untuk memperkenalkan daerah Batam, Anambas, Natuna dan sekitarnya bisa menjadi salah satu tempat favorit destination/kunjungan pariwisata Indonesia khususnya wisata bahari dan dapat memajukan nilai perekonomian masyarakat Batam dan sekitarnya.
Kegiatan lain yang melibatkan partisipasi instansi pemerintah, swasta, pelajar dan masyarakat dalam festifal ini antara lain, yang menampilkan budaya daerah dan nasional serta Kirab Kota yang mempertunjukan 17 Marching Band yang ada di Propinsi Kepulauan Riau, Marching Band Taruna AAL dan peralatan Alutsista dari TNI AD, AL dan AU serta terjun payung.
Seluruh kegiatan dalam festival maritim ini bersifat terbuka untuk umum diikuti tidak hanya oleh para prajurit Angkatan Laut peserta Latma Multilateral Komodo 2014 saja, tetapi juga melibatkan partisipasi seluruh masyarakat yang ada di propinsi Kepulauan Riau. Selain itu khusus untuk lomba Triathlon diikuti atlit nasional dan masyarakat international (WNA) yang ikut berpartisipasi dalam meramaikan festifal ini, Sampai saat ini sudah ada peserta dari luar negeri yang telak melaksanakan regeristerasi atau pendaftaran untuk mengikuti lomba Triathlon (lomba lari, renang dan Bersepeda) dan fun bike.
Hadir dalam rapat kesiapan Latma Multilateral Komodo ini antara lain para komandan Satuan, komandan KRI dan para pejabat Koarmabar dan jajaran Lantamal dan Lanal dibawah Komando Armada RI Kawasan Barat.





Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment