Monday, January 6, 2014

Laporan Kesiapan Multilateral Naval Exercise Komodo 2014


Jakarta (MI) : Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. menerima pelaporan kesiapan Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 tentang pelaksanaan FPC (Final Planning Converence) Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 yang akan berlangsung di kota Batam pada tanggal 16 dan 17 Januari 2014 mendatang, di Gedung Nanggala Markas Komando (Mako) Koarmabar, Gunung Sahari, Jakarta, Jumat (3/1/2014).
Asops Kasal Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. didampingi Direktur Latihan (Dirlat) Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 Laksamana Pertama TNI Dr. A. Oktavian, S.T., M.Sc., DESD, yang sehari-hari menjabat Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Danguspurlabar), menyampaikan penegasan kepada perwira yang terlibat dalam pelaksanaan FPC mempersiapkan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab secara profesional .
Lebih lanjut disampaikan kegiatan FPC di Batam ini pertemuan dan pembahasan akhir serta penyampaian informasi dan konfirmasi kegiatan Latihan bersama Multilateral Komodo 2014 kepada para delegasi peserta yang terdiri dari 17 negara.
Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa dalam pelaksanaan FPC tegasnya agar para komandan Satuan Tugas latihan yang tergabung dalam latma Multilateral Komodo 2014 menjelaskan secara detail dan terinci kepada para delegasi Negara peserta yang akan mengikuti latihan.
Selain itu pada pelaksanaan FPC ini agar para delegasi disosialisasikan atau diperkenalkan langsung ke daerah lokasi tempat latihan khususnya yang ada di kota Batam dan diberikan infprmasi tentang kegiatan festival maritim (maritime festival) dengan berbagai kegiatan yang dipusatkan di Batam.
Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 merupakan latihan multilateral pada aspek nonwarfighting yaitu penangulangan bencana alam (Disaster relief) dan bakti social (Humanitarian Civic action) yang akan diikuti 17 negara yang berasal dari anggota ASEAN dan ASEAN Plus, yang akan dilaksanakan di wilayah Batam, Anambas dan Natuna.
Personel TNI yang akan terlibat dalam latihan multilateral yang baru pertama digelar oleh TNI ini antara lain berasal dari gabungan TNI AD, TNI AL dan TNI AU. Dalam latihan Komodo 2014 ini TNI Angakatan Laut akan mengikutsertakan 16 KRI yang terdiri 2 Van Speijk, 2 Sigma, 2 LPD, 3 ATF, 2 PK dan 1 LST dan 4 KCR, sedangkan alutsista pesud TNI AL menyertakan 6 pesawat udara yang terdiri dari 2 fixed wing dan 4 rotari wing, sedangkan TNI AU akan mengerahkan beberapa pesawat tempur jenis angkut personel yaitu Herkules dan CN 352.
Kegaiatan Multilateral Naval Exercise di Batam ini juga akan dimeriahkan dengan kegiatan Maritime Festifal yang kegiatannya antara lain, konferensi maritim dan expo/pameran (maritime conference dan Expo), lomba Triathlon, lomba perahu naga (multilataeral naval dragon boat race, Kirab kota (Carnaval and cultural parade), festival kuliner (Cullinarry experience & multilateral cheefs Battle), panggung prajurit (band performance) dan festival jazz. 



Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment