Thursday, January 9, 2014

KSAU: Latihan TNI AU di Bandara Halim Tetap Jadi Prioritas

KSAU: Latihan TNI AU di Bandara Halim Tetap Jadi Prioritas

JAKARTA (MI) : Bandar Udara Halim Perdanakusuma akan melayani penerbangan komersial tujuan domestik mulai Jumat, 10 Januari 2014. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi beban di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta yang jumlah penumpangnya sudah melebihi kapasitas.

Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Ida Bagus Putu Dunia, menjelaskan hal itu sudah diputuskan dan sudah dalam persiapan yang matang. Namun demikian, Bandara Halim Perdanakusuma akan tetap sebagai salah satu kegiatan latihan TNI Angkatan Udara dan pendaratan tamu-tamu khusus negara atau VIP serta pesawat carteran.

"Untuk Halim Perdanakusuma sudah diputuskan sebagai bandara penerbangan domestik, dalam waktu pagi sore dan malam hari, akan ada diberikan waktu untuk pesawat airline domestik, sementara kegiatan latihan TNI AU masih tetap sebagai prioritas," kata Marsekal Putu Dunia, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (8/1/2014).

Dirinya menjelaskan, saat ini TNI AU sedang membuat Memorandum of Understanding (MUO) kepada pihak Angkasa Pura II, salah satunya berisikan perihal kedatangan VIP tamu negera.
Sebelumnya,  Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan Bandara Halim sudah siap melayani penerbangan maskapai Citilink.

"Citilink akan menjadi maskapai pertama yang siap terbang dari Halim, langsung 16 penerbangan," kata Mangindaan saat meninjau kesiapan Bandara Halim, kemarin.
Menyusul Citilink, sudah ada dua maskapai yang siap memindahkan sebagian penerbangannya dari Cengkareng ke Halim, yakni Garuda Indonesia dan Indonesia Air Asia. Kedua maskapai ini akan masuk berurutan pada akhir Februari dan Maret.

Persiapan penggunaan Bandara Halim sebagai bandar udara komersial telah dipersiapkan Kementerian Perhubungan dan PT Angkasa Pura II sejak lama. Dari sisi fasilitas bandar udara, saat ini Bandara Halim telah menyiapkan tiga parking stand untuk pesawat sejenis Boeing 737-800 NG atau Boeing 737-900 ER dari 13 yang ada.

Meski Bandara Halim Perdanakusuma sudah dikomersialkan mulai besok, lapangan terbang yang berlokasi di Jakarta Timur ini juga masih melayani penerbangan militer dan VIP. Maka, kapasitas runway di bandara ini secara keseluruhan adalah 12 pergerakan setiap jam. Sedangkan slot time yang tersedia adalah 126 slot untuk pengoperasian selama 24 jam.





Sumber :  TRIBUNNEWS

No comments:

Post a Comment