Friday, September 5, 2014

KRI Bung Tomo-357 Singgah di Pelabuhan Cochin India

http://cakrawala-dispenal.org/images/photos/ucap%20KRI%20Bung%20Tomo%20.jpg

Cochin (MI) : KRI Bung Tomo – 357 kapal perang jenis  Multi Role Light Frigate (MRLF) dengan Komandan Kolonel Laut (P)  Yayan Sofiyan singgah di pelabuhan Cochin India sejak tanggal 2 September 2014 pukul 08.00 waktu setempat .Kedua kapal perang  Indonesia  sampai sore ini masih merapat  di dermaga pelabuhan  Cochin India.Rabu (3/9).

Selama berada di India, Komandan KRI didampingi beberapa perwira  melaksanakan kegiatan diplomasi melalui kunjungan kehormatan kepada pejabat pemerintah setempat dan pejabat Angkatan laut  dalam rangka meningkatkan hubungan baik sebagai duta bangsa Indonesia khususnya TNI AL.

Perjalanan panjang lintas laut  mulai perairan  Ingris-Spanyol-italia- Arab Saudi   dan Oman dan saat ini telah sandar di Perairan pelabuhan Cochin India dapat dilaksanakan dengan selamat  dengan komandan Kolonel Laut (P)  Yayan Sofiyan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) ke -39 th 1993 . Hal tersebut berkat semangat dan profesionalisme para prajurit yang mengawaki kapal perang  yang memiliki kemampuan  persenjataan modern yang akan memperkuat  alutsista TNI AL dalam menegakkan kedaulatan dan hukum di wilayah yuridiksi nasional Indonesia.

KRI Bung Tomo-357 Kapal perang produksi BAE Systems, Inggris tahun 2004 tersebut memiliki spesifikasi teknis yang handal. Dengan panjang 95 meter dan lebar 12,7 meter serta dilengkapi sistem pendorongan empat motor pokok CODAD (Combined diesel and diesel), kapal mampu berlayar dengan kecepatan maksimum 31 knots.

Kapal perang dengan berat 1,941 ton dan memiliki  panjang 95 meter dan lebar 12,7 meter  dengan kontruksi baja serta dilengkapi sistem pendorong empat motor pokok yang mampu berlayar dengan kecepatan maksimum 31 knots dan jarak jelajah  48.00 Nm. KRI Bung Tomo -357 dengan akomodasi pengawak kapal perang sejumlah 79 personel tersebut dilengkapi dengan sistem persenjataan yang tergolong mutakhir,  antara lain peluru kendali anti kapal permukaan MM 40, peluru kendali anti serangan udara Sea Wolf, meriam 76 mm, meriam 30 mm serta torpedo anti kapal selam. Kapal perang ini mampu dan dapat memuat pesawat helli on board dikapal dengan fasiitas kelengkapan landing pada siang dan malam hari serta dilengkapi peralatan system control komunikasi yang  modern.

Kapal perang produksi BAE Systems, Inggris tahun 2004 tersebut memiliki spesifikasi teknis yang handal. Dengan panjang 95 meter dan lebar 12,7 meter serta dilengkapi sistem pendorongan empat motor pokok CODAD (Combined diesel and diesel), kapal mampu berlayar dengan kecepatan maksimum 31 knots.

Sementara itu dua KRI jenis  Multi Role Light Frigate (MRLF)   KRI John Lie- 358  dengan Komandan Kolonel Laut (P)  Antonius Widyoutomo dan KRI Usman Harun -359  dengan Komandan Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta Purwo  masih merapat sampai hari rabu sore ini masih berada di pelabuhan Jeddah Arab Saudi  dan personel pengawak kapal perang mulai perwira,Bintara dan Tamtama  diberikan kesempatan untuk melaksanakan Ibadah Umroh ke tanah suci.









No comments:

Post a Comment