Monday, September 1, 2014

TNI Tutup Latihan Gabungan dengan Amerika di Bogor

TNI Tutup Latihan Gabungan dengan Amerika di Bogor  

Jakarta (MI) : Tentara Nasional Indonesia resmi menutup serangkaian latihan gabungan dengan Global Peace Operations Initiative (GPOI) di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Sentul, Bogor, pada Senin, 1 September 2014.

"Saya nyatakan pelatihan GPOI ini resmi ditutup," ujar Komandan PMPP TNI Brigadir Jenderal TNI Anto Mukti Putranto selaku Direktur Latihan GPOI Capstone Exercise Garuda Canti Dharma 2014 saat memimpin upacara penutupan.

Brigadir General Bruce E. Oliveira selaku Comanding General Hawaii Army National Guard menyatakan berterima kasih kepada Indonesia atas penyelenggaraan latihan ini. Oliveira berharap pelatihan seperti ini bisa kembali digelar.

Adapun latihan ini digelar dari 19 Agustus sampai 1 September 2014. Sebelumnya, Panglima Jenderal TNI Moeldoko membuka latihan gabungan ini pada 19 Agustus lalu. Pembukaan dihadiri oleh Vincent K. Brook selaku Commanding General United States Army Pacific dan Duta Besar Amerika Serikat Robert O. Blake.

Latihan ini melibatkan 720 peserta dari 21 negara dengan memfokuskan tiga kegiatan pelatihan. Pertama, Senior Training Seminar, bertujuan meningkatkan pemahaman tentang aspek-aspek multidimensi dari kemungkinan adanya operasi perdamaian yang kompleks dan penuh tantangan.

Kedua, Staff Training Seminar, bertujuan melatih staf perwira untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan dalam melaksanakan misi pemeliharaan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Ketiga, Field Training Seminar, bertujuan membina hubungan yang baik antara TNI dan United States Pacific Commander.








Sumber : TEMPO

No comments:

Post a Comment