Friday, August 15, 2014

Pengibaran Bendera Raksasa di Puncak Gunung Pawa

Foto Ilustrasi (http://scoutaddictadventure.blogspot.com)

Jayapura (MI) : Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Drs. Christian Zebua, M.M. melepas pasukan pengibar Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Pawa, Distrik Muara Tami dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-69,Kamis (14/8).

Acara pengibaran bendera Merah Putih raksasa ini bukanlah inisiatif TNI, melainkan masyarakat yang datang meminta kepada TNI untuk memberikan ijin memasang bendera Merah Putih, sehingga Pangdam XVII/Cenderawasih sengaja datang untuk menyerahkan langsung Bendera Merah Putih secara simbolis kepada masyarakat bersama dengan TNI. Masyarakatlah yang akan memasang Bendera Merah Putih di tempat tertinggi di Gunung Pawa tersebut. Bendera Merah Putih berukuran 8 x 6 meter ini merupakan lambang kedaulatan negara di wilayah perbatasan. Perjalanan untuk memasang Bendera Merah Putih raksasa tersebut akan memakan waktu kurang lebih tiga hari dua malam, dengan titik start perjalanan dari pos TNI AD di perbatasan RI-PNG.

Terdapat 50 masyarakat bersama personel TNI dan yang berpartisipasi serta 35 personel dari LMR-RI (Lembaga Missi Reclasseering-Republik Indonesia)  yang akan melakukan perjalanan memasang Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Pawa tersebut. Masyarakat menginginkan Bendera Merah Putih selalu berkibar di Puncak Gunung Pawa perbatasan RI-PNG yang masuk ke dalam wilayah NKRI di tanah Papua tersebut.

Selain itu, Pangdam juga menegaskan bahwa Indonesia telah merdeka dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu harus bangga menjadi warga negara Indonesia, meskipun terdapat beberapa kelompok yang berseberangan. TNI tidak pernah menjadikan mereka sebagai musuh, apabila mereka ingin bergabung dengan NKRI, silahkan untuk membangun Papua ke depan yang lebih baik.

Turut hadir dalam kunjungan Pandam XVII/Cenderawasih tersebut Asops Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Frengky E. Riupassa, S. Sos, Danrem 172/PWY Kolonel Inf Tri Yuniarto, Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Arh Rikas Hidayatulah, Dansatgas Pamtas Yonif 623/BWU Letkol Inf Singgih Pambudi, Wakil Bupati Kabupaten Keerom Muhammad Markum, Ketua LMR RI Provinsi Papua Imam Syafe’i, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh daerah Distrik Muara Tami. 

No comments:

Post a Comment