Tuesday, August 12, 2014

Kapal Perang Komando Lintas Laut Militer Dukung Pamtas RI-Malaysia


Semarang (MI) : Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) terus mendukung Operasi Angkutan Laut Militer (Anglamil) dalam rangka pergeseran pasukan maupun material untuk  pengamanan perbatasan wilayah Indonesia dengan Malaysia yang kali ini melibatkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yakni KRI Tanjung Nusanive-973.

KRI Tanjung Nusanive-973 merupakan kapal perang di bawah binaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta dengan Komandan yang dijabat sementara oleh Letkol Laut (P) Joko Prihatin yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan KRI Tanjung Kambani-971. KRI Tanjung Nusanive-973 akan mengangkut pasukan dari TNI Angkatan Darat yaitu Batalyon Infanteri 405 di Semarang dan Batalyon Infanteri 433 dari Makassar. Kedua pasukan tersebut akan bertugas dalam rangka Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) wilayah perbatasan Republik Indonesia- Malaysia yakni di Tarakan dan Nunukan, menggantikan Satgas Pamtas sebelumnya yakni Batalyon Infanteri 100 Raider yang sudah bertugas selama enam bulan. Selanjutnya Batalyon Infantri 100 Raider  akan kembali ke Belawan, Medan Sumatera Utara dengan menggunakan KRI Tanjung Nusanive-973.

Sementara itu sama halnya dengan KRI Tanjung Nusanive-973 yang saat ini berada di Semarang, KRI Teluk Amboina-503 dengan Komandan Letkol Laut (P) Heri Prihartanto  melakukan pergeseran pasukan Batalyon Infanteri 712 dari Kodam VII Wirabuana yang baru saja selesai melaksanakan latihan Raider dan selanjutnya dengan mernggunakan KRI Teluk Amboina-503 akan  kembali ke Makassar dan Bitung.

Menurut Dansatlinlamil Jakarta Letkol Laut (P) Heri Widodo, bahwa operasi pergeseran pasukan dan material merupakan salah satu tugas dan fungsi Kolinlamil sebagai pembina kemampuan sistem Angkutan Laut Militer, dengan menyelenggarakan pergeseran pasukan TNI dan Polri yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis. 







Sumber : Koarmabar

No comments:

Post a Comment