Monday, August 11, 2014

Gunakan Hasil Litbang Sendiri, Kemhan Peroleh Penghargaan Pandega Widyatama

http://dmc.kemhan.go.id/images/uploads/85320dmc-(1).JPG

Jakarta (MI) : Setelah menggunakan hasil Penelitian dan Pengembangan (Litbang) internal, Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan (Baranahan Kemhan) RI, memperoleh Penghargaan Pandega Widyatama, sebagai bukti dari pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Penghargaan Pandega Widyatama yang baru pertama kali diberikan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) ke Pemerintah Pusat Tingkat Eselon I (Direktorat Jenderal/Kedeputian) Kementerian/lembaga, diserahkan oleh Wakil Presiden RI Dr. H. Boediono kepada Kabaranahan Kemhan RI Laksda TNI Ir. Rachmad Lubis, bertepatan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-19, di Gedung BPPT Jakarta, Senin (11/8).

Pemberian Penghargaan Pandega Widyatama kepada Pemerintah Pusat Tingkat Eselon I, merupakan pengakuan terhadap upaya kepeduliannya memanfaatkan hasil penelitian dan pengembangan dari lembaga Litbang Pemerintah, Perguruan tinggi, Swasta ataupun Perorangan serta bertujuan memicu pemerintah pusat untuk meningkatkan perhatian pada pentingnya pembentukan lingkungan kondusif bagi pemanfaatan hasil litbang internal.

Kemristek menominasikan enam kementerian untuk mendapatkan penghargaan dimaksud, yaitu Kementerian Kesehatan (Kemkes), Kementerian Perhubungan (Kemhub), Kementerian Pertanian (Kemtan), Kementerian Pekerjaan Umum (Kem PU), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kem ESDM) dan Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Untuk sistem penilaian, Kemristek melakukan self assessment (penilaian sendiri) dengan pengisian kuesioner, yang dilengkapi data-data pendukung berupa dokumen nyata yang dimiliki, dengan lingkup meliputi kelembagaan, sumber daya, jaringan, kebijakan dan pemanfaatan Iptek. Sedangkan dewan juri yang terdiri dari praktisi dan profesional, melakukan penilaian hasil pengolahan data dari quesionary serta melaporkan hasil penjurian kepada Pembina penghargaan, yakni Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

Hari Kebangkitan Teknologi  Nasional (Hakteknas) merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tahun di tanggal 10 Agustus, yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 71 Tahun 1995 dan sebagai wahana untuk membangun kebersamaan seluruh insan iptek dan juga merupakan sarana sosialisasi dan kapitalisasi capaian iptek untuk disampaikan ke publik.

Selain Iptek kategori Pemerintah Pusat (Pandega Widyatama), juga dilaksanakan penyerahan penghargaan lainnya yakni untuk Iptek kategori Pemerintah Provinsi (Budhipura), Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Labdha Kretya), Pranata Litbang (Prayogasala), Duta Iptek (Widyasilpawijana) Panutan/Tokoh Iptek (Widyamaheswara), dan penyerahan Buku “19 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa”.










Sumber : DMC Kemhan

No comments:

Post a Comment