Saturday, August 16, 2014

Bravo Dikandangkan, TNI AU Sudah Siapkan Grobb

Pesawat latih mula Grobb buatan Jerman yang akan menggantikan Bravo | jakartagreater

SUKOHARJO (MI) : Pesawat latih mula AS 202 Bravo sudah sejak era 1980-an digunakan TNI AU untuk melatih calon-calon penerbang. Jika keputusan mengistirahatkan Bravo sejak kejadian pendaratan darurat di Sukoharjo kemarin bersifat permanen, itu karena sudah beberapa tahun ini TNI AU sudah mempersiapkan pengganti Bravo.

“Penggantinya dari jenis Grobb, buatan Jerman. Sudah sejak dua tahun lalu kita datangkan secara bertahap, saat ini masih dalam tahap persiapan,” ujar seorang perwira TNI AU yang menunggui proses evakuasi pesawat di Jogodayoh, Sukoharjo, Rabu (13/8/2014).
Kepala Staf TNI AU Marsekal Imam Syafaat mengatakan, saat ini era pembaruan pesawat latih TNI AU terus dilakukan. (Republika 16/1/2012)

Pesawat yang digantikan, antara lain pesawat latih dasar T-34 Charlie digantikan KT-1 Wong Bee buatan Korea Selatan. Sedangkan untuk latih mula, AS 202 Bravo buatan Swiss digantikan Grobb buatan Jerman. Selain itu, juga ada pesawat latih lanjut bermesin jet, T-50 Golden Eagle juga buatan Kora Selatan, saat ini sudah mulai memperkuat jajaran TNI AU. 
Sumber : Joglosemar

No comments:

Post a Comment