Thursday, August 14, 2014

Indonesia, Negara yang Dipercaya Korut

Presiden SBY saat menerima Menlu Korut (Foto: Dok.Setkab)

JAKARTA (MI) : Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Ri Su Yong menyampaikan apresiasi besar terhadap Indonesia. Pujian ini disampaikan Ri karena Indonesia merupakan negara yang bisa dipercaya oleh Korut.

Tidak tanggung-tanggung, hal ini diutarakan langsung oleh Ri ketika bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ri bertemu SBY di Istana Negara dalam rangka kunjungan resminya ke Tanah Air.

"Ketika bertemu bapak Presiden SBY, Menlu Korut menegaskan mereka memiliki rasa percaya yang sangat tinggi terhadap Indonesia," sebut Menlu Marty Natalegawa, di Jakarta, Rabu (13/8/2014).

Menurut Marty, Korut punya dasar kuat yang membuat mereka menaruh kepercayaan tinggi. Dasar tersebut karena Korut menganggap Indonesia adalah negara bersahabat.

Presiden pun, lanjut Marty, sangat menghargai rasa percaya yang disampaikan Korut. Hal tersebut memperlihatkan betapa erat relasi yang antara Indonesia-korut.

"Pak Presiden (SBY) menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi nilai saling menghormati," tegas Marty. 


Kepada Marty, Menlu Korut Jelaskan Tuduhan Pelanggaran HAM


 Menlu Marty terima Menlu Korut (Foto: Andreas Gerry/Okezone)
Korea Utara (Korut) dituding sebagai negara yang tidak menghormati hak asasi manusia. Tudingan ini muncul karena adanya laporan tentang adanya pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintah Korut terhadap warganya.

Tudingan tersebut semakin mendekati fakta, setelah Korut sangat tertutup untuk memberikan penjelesan terkait masalah pelanggaran  HAM ini kepada dunia luar.

Namun, sikap tertutup Korut ini ternyata tidak berlaku bagi Indonesia. Ketika Menteri Luar Negeri, Ri Su Yong berkunjung ke Jakarta, tanpa sungkan Korut menjelaskan soal tudingan pelanggaran HAM di depan Menlu Marty Natalegawa.

"Secara umum tadi mereka menjelaskan mengenai HAM yang terjadi di negara Korea (Utara)," sebut Marty di Gedung Pancasila Kantor Kementerian Luar Negeri, di Jakarta, Rabu (13/8/2014).

Marty menilai pembahasan masalah HAM sangatlah tepat. Pasalnya, masalah tudingan pelanggaran HAM yang terjadi di Korut menjadi sorotan di forum internasional.

"Saya mendengar pandangan Korut soal masalah ini, dan Korut tahu posisi kita," ucap marty.

Walau menyatakan, Korut mau menyampaikan pandangan mereka soal HAM, Marty tidak memberikan detail apa saja pandangan yang disampaikan Korut.

Korut memang tidak bisa lepas dari kontroversi. Selain tudingan dan laporan, kesaksian-kesaksian warga negara Korut yang berhasil kabur dari negaranya, semakin memojokkan Korut dalam masalah penegakan HAM.







Sumber : Okezone

1 comment:

  1. Menlu Korut Ri Su Yong menegaskan mereka memiliki rasa percaya yang sangat tinggi terhadap Indonesia,dan Indonesia merupakan Negara yang bisa dipercaya oleh Korut,Tidak tanggung-tanggung, hal ini diutarakan langsung oleh Ri Su Yong ketika bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ri So Yong bertemu SBY di Istana Negara dalam rangka kunjungan resminya ke Tanah Air. Indonesia juga menjadi Pelopor atas terjalainnya perdamaian Dunia.

    ReplyDelete