Wednesday, April 2, 2014

Unsur Kapal Perang Koarmatim Ikuti Latihan SAR di Perairan Natuna





Natuna (MI) : Sejumlah  unsur kapal perang yang tergabung dalam unsur tugas divisi Natuna Latma Multilateral Naval  Exercise Komodo 2014, melaksanakan perjalanan lintas laut menuju Natuna, Kepulauan Riau, Senin (31/03). Konvoi kapal perang terdiri dari tiga unsur kapal perang perang TNI AL dan lima kapal perang dari negara peserta sahabat.



Kapal perang TNI AL yang termasuk   dalam divisi Natuna antara lain  KRI Yos Sudarso-353, dan KRI Imam Bonjol-384. Sedang kapal perang dari negara asing yakni kapal perang Rusia Marshal Shaposhnikov (BPK 543), HMAS Lounceston dari Australia, kapal perang jenis rumah sakit Vietnam Khanh Hoa HQ- 561 561dan kapal perang Jepang JDS Akebono-108.



Dalam pelayaran menuju  kepulauan Natuna  dilaksanakan serial latihan pencarian dan pertolongan korban di laut Search and Rescue (SAR) Exercise melibatkan satu helikopter TNI AL yang berada di KRI  Yos Sudarso-353. Helikopter  tersebut melaksanakan SAR terhadap korban di Laut.



Selanjutnya dilaksanakan Serial Latihan Cros  Deck Landing atau pertukaran kegiatan. Serial latihan Cros  Deck Landing melibatkan tiga helikopter yakni satu helikopter milik TNI AL yang berada di KRI Yos Sudarso-353, kemudian satu helikopter yang berada di kapal perang Rusia Marshal Shaaposshnikov (BPK 543), dan satu helikopter yang berada di kapal perang Jepang JDS Akebono-108.






Sedangkan Unsur Tugas Anambas membentuk formasi terdiri dari tiga unsur kapal perang TNI AL yaitu KRI  Sultan Hasanuddin-366, KRI Teluk Celukan Bawang-532 dan KRI Teluk Hading-539. Sedangkan dari negara sahabat yaitu kapal perang Malaysia KD  Mahawangsa- 1504 dan kapal perang Cina jenis LPD Mount Cangbai.





Sumber :  Koarmatim

No comments:

Post a Comment