Tuesday, April 1, 2014

Kasal Inspeksi Kapal Perang Manca Negara di Perairan Batam


Batam (MI) : Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio menginspeksi puluhan kapal perang dari manca negara yang tergabung dalam Latihan Bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise Komodo 2014, di perairan Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (31/3).

Hal tersebut dilakukan guna mengetahui secara langsung  keberadaan dan kekuatan unsur-unsur TNI AL maupun kapal perang negara-negara peserta lainnya, agar latihan yang  bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan dalam bentuk kerja sama menangani bencana alam itu dapat berjalan dengan lancar. 

Kasal melakukan inspeksi dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Yudistira., didampingi Asisten Pengamanan (Aspam) Kasal Laksamana Muda TNI Ir. I Putu Yuli Adnyana, M.H., Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, M.PA., M.B.A., Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Suyitno, S.Pi., M.M., para Panglima Komando Utama (Pangkotama) TNI Angkatan Laut, Komandan Korem 033 /WP Brigjen TNI Zuirman, serta para pejabat lainnya.  


Inspeksi laut  diawali dengan berlayarnya KAL Yudistira yang dikomandani Lettu Laut (P) Antoni Tigor P. Siahaan dari Dermaga Lanal Batam  bergerak ke arah barat memasuki perairan Teluk Jodoh, Batam,  dengan menginspeksi jajaran  KRI dari berbagai jenis yang tengah sandar  di dermaga-dermaga Koarmatim, kemudian  berputar  menuju unsur-unsur KRI maupun kapal perang negara peserta lainnya yang tengah lego jangkar di Alur Perairan Batam,  antara lain: KRI Teluk Hading (THG-538), KRI Sultan Hasanuddin (SHN-366), KRI Teluk Celukan Bawang (TCB-532), KRI Oswald Siahaan (OWA-354), KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367), KRI Patiunus (PTS-384), KRI Makassar (MKS-590), KRI Arun-903, KRI Yos Sudarso (YOS-353), KRI Teluk Parigi (TGI-539), KRI Imam Bonjol (IBL-383), dll. 


Sementara kapal-kapal perang dari negara peserta Latma lainnya antara lain: VPN Khan Hoa, BRP Ramon Alcharaz, JDS Akebono, HMAS Launceston, 1 BS Rusia, 2 TKR Rusia,  3 TB Rusia, INS Sukanya, RSS Resolution, KD Mahawangsa, Mount Changbai, KDB Darulehsan, HTMS Narathiwat, dan USNS Cesar Chaves.

Gelar unsur yang turut dalam Inspeksi Laut kali ini melibatkan ribuan ABK kapal perang dari berbagai tipe dan jenis  yang tengah berada di perairan Batam.
Setiap KAL Yudistira yang ditumpangi Kasal dan rombongan melewati kapal perang yang sedang lego jangkar,  terdengar bunyi peluit  disusul dengan penghormatan para ABK yang  melakukan penghormatan lambung dengan berbaris di reling kapal sambil  serentak meneriakkan  ’Jalesveva Jayamahe’  secara berulang-ulang. Dengan sikap sempurna  Kasal beserta rombonganpun segera membalas penghormatan tersebut.





Sumber : Koarmabar

No comments:

Post a Comment