Thursday, April 3, 2014

KRI Makasar-590 “Evakuasi Korban di Pengeboran Minyak Lepas Pantai”



Natuna (MI) : Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Makasar-590 yang berada di jajaran Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmatim berhasil mengevakuasi beberapa korban kecelakaan di pengeboran minyak lepas pantai yang berada di sekitar perairan Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (02/04).


Operasi Search and Rescue (SAR) tersebut merupakan salah satu sekenario latihan Evakuasi Medis Laut dalam rangka Latihan Bersama Multilateral  Naval Excercise Komodo 2014, di perairan Kepri.


Dalam latihan disimulasikan, telah terjadi kecelakaan di pengeboran minyak lepas pantai Paltform Anoa yang berada di perairan laut Natuna. Terjadi ledakan hebat di Anjungan minyak lepas pantai itu dan belum diketahui penyebabnya.

 


Tim SAR gabungan mengerahkan helikopter TNI AL HU-419, yang berada di KRI Makasar untuk mengangkut satu Tim khusus penanggulangan bahaya Nuklir, Biologi dan Kimia (Nubika) dari Kompi Zeni TNI AD.


Tim khusus penanggulangan bahaya Nubika terbagi menjadi tiga bagian, yakni satu tim bertugas melakukan penyelidikan terhadap lokasi kejadian, kemudian satu tim bertugas mengevakuasi korban dan satu tim bertugas mendekontiminasi (penetralisiran Zat radiasi beracun) yang berada di sekitar lokasi kejadian.



Selanjutnya tim khusus Nubika  melaksanakan evakusi terhadap korban menggunakan helikoter TNI AL. Korban ledakan pengeboran minyak diangkut ke KRI  Makasar -590 untuk mendapat tindakan penanganan medis oleh dokter TNI AL.


Latihan Evakuasi Medis Laut dilaksanakan guna melakukan pertolongan terhadap korban yang berada di  pengeboran minyak lepas pantai  yang meledak dan menimbulkan kornban jiwa.






Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment