Friday, November 1, 2013

Siswa Pusdikes Latihan Evakuasi Korban Nuklir Biologi Kimia

Siswa Pusdikes Latihan Evakuasi Korban Nuklir Biologi Kimia

Jakarta (MI) : Sebanyak 101 siswa Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) menggelar Latihan Praktek (Lattek) Evakuasi Korban Nuklir Biologi dan Kimia (Nubika), Jumat (1/11).
Lattek yang diselenggarakan di Pusat Penyelamatan Kapal Nuklir Biologi dan Kimia (Puspeknubika) Kobangdikal tersebut, merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan latihan kesehatan lapangan Siswa kesehatan yang tengah menempuh pendidikan di Pusdikkes Kodikdukum, Kobangdikal.
Dari 101 siswa itu, Sekolah Pewira Kesehatan (Sepakes) menyertakan peserta terbanyak dengan  49 siswa yang terdiri 25 siswa Pendidikan Spesialisasi Perwira Kesehatan (Dikspespakes) Angkatan XI dan 24 Siswa Pendidikan Pertama Kesehatan (Dikmapakes) Angkatan XX.
Sekesal Surabaya mengirimkan 24 siswa dari program Pendidikan Kesehatan Tamtama Prajurit Kaier (Dikkesta PK) dan siswa Pendidikan Pertama Tamtama Asisten Paramedis (Dikmata APM),  sedangkan Sekesal Makasar mengirimkan 28 siswa terdiri siswa Pendidikan Kesehatan Tamtama Perawat Gigi (Dikesta PRG) dan Siswa Dikesta PK Asisten Para Medis (APM).
Menurut Komandan Pusdikes Kolonel Laut (K) I.G.K Asmarabawa, S.Km, M.M, Lattek di Puspeknubika ini, merupakan rangkaian problem laut dengan simulasi evakuasi krban luka  bakar derajat 1 dan korban luka bakar derajat tiga akibat pengaruh Nuklir, biologi dan kimia yang disimulasikan evakuasi melalui jarring di lambung kapal.
Adapun tujuan akhir dari Lattek ini, adalah setiap siswa diharapkan memiliki keterampilan perorangan dan kelompok dalam menerapkan materi pelajaran kesehatan lapangan  berupa evakuasi korban pertempuran, baik dipangkalan maupun saat melakukan lintas laut serta evakuasi kesehatan yang behubungan pada operasi amfibi.





Sumber : TNI

No comments:

Post a Comment