Thursday, October 31, 2013

latihan angkasa yudha libatkan 21 pesawat tempur


Natuna (MI) : Latihan puncak TNI AU kali ini, Angkasa Yudha 2013 di perairan Kepulauan Natuna, Riau Kepulauan, melibatkan paling tidak 21 pesawat tempur TNI AU, termasuk tiga EMB-314 Super Tucano yang baru tiba. 

"Latihan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel jajaran Komando Operasi Udara TNI AU I dan II, Kohanudnas, Korpaskhas dan dinas-dinas terkait," kata Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI IB Putu Dunia, di Kepulauan Natuna, Kamis.

Latihan puncak Angkasa Yudha, rutin dilaksanakan. Sebelum latihan puncak, dilaksanakan latihan parsial dari tingkat unit di masing-masing korps dan satuan, hingga satuan operasional Komando Operasi Udara TNI AU I dan II. 

Beberapa tujuan yang selalu ingin diketahui dan diuji saban Angkasa Yudha digelar adalah pemahaman sempurna akan doktrin pertempuran dan perang udara, pembinaan personel dan kesiapsiagaan operasional, dan perencanaan sekaligus pelaksanaan situasi darurat pertahanan. 

Lazimnya latihan tempur, maka pesawat-pesawat tempur senior TNI AU diterbangkan, yaitu empat F-16 Fighting Falcon dari Skuadron Udara 3, enam Su-27/30 Sukhoi (Skadron Udara 11), empat Hawk 109/209 (Skuadron Udara 12), empat Hawk 109/209 (Skuadron Udara 1) dan tiga EMB-314 Super Tucano (Skuadron Udara 21).

Dimisalkan ada serbuan militer negara lain terhadap kepentingan dan kedaulatan Indonesia, maka tahapan kesiapsiagaan operasional, sistem kesenjataan, dan personel sejak gladi pos komando hingga gladi lapangan menjadi hal-hal krusial yang saling terkait. 

Semua itu --berdasar latihan-latihan parsial-- diterjemahan dalam tahap operasional melalui Operasi Pertahanan Udara, Operasi Serangan Udara Strategis, Operasi Lawan Udara Ofensif, serta Operasi Dukungan Udara dan Operasi Informasi.

"Doktrin harus disesuaikan dengan kecenderungan ancaman masa depan dan kemampuan perang kita, sedangkan skenario harus berpedoman dari ancaman masa kini yang paling mungkin terjadi," kata Dunia. 

Pulau Laut Natuna merupakan kecamatan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Kecamatan tersebut merupakan kecamatan terluar Indonesia, berbatasan langsung dengan perairan Laut China Selatan yang diperebutkan lima negara (China, Brunei Darussalam, Filipina, Viet Nahm, dan Malaysia).

Penanggung jawab kelangsungan seri latihan Angkasa Yudha 2013 alias Panglima Komando Tugas Udara Gabungan, Marsekal Muda TNI M Syaugi, menjelaskan, "Tahun ini ada latihan fisik. Apa yang kami teorikan di kelas tahun lalu, di praktekkan hari ini. Biasanya memang latihan fisik dua tahun sekali," kata dia. 







Sumber : ANTARA

No comments:

Post a Comment