Friday, November 1, 2013

Kunjungan PT PJB ke PT Pindad (Persero)


Bandung (MI) : Rombongan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) melakukan kunjungan ke PT Pindad (Persero), Kamis 31 Oktober 2013. Rombongan yang dipimpin oleh Direktur Produksi PT PJB Mulyo Adji AG dan didampingi oleh Direktur Operasional Jawa Bali Sumatra (JBS) PT PLN (Persero) IGA Adnyana diterima oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan Wahyu Utomo di Auditorium Gedung Direktorat. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa staf PT Pindad (Persero) yang terkait dengan kunjungan kali ini.
PT Pindad (Persero) merupakan BUMN yang terkenal dengan sebagai produsen peralatan persenjataan dan kendaraan tempur, namun PT Pindad (Persero) juga memiliki beberapa lini produksi yang memproduksi beberapa produk komersial seperti peralatan kapal laut, rem kereta api (air brake system), bahan peledak komersial untuk keperluan pertambangan dan konstruksi, dan motor listrik. Oleh karena itu, kunjungan rombongan ke PT Pindad (Persero) kali ini bertujuan untuk melihat berbagai potensi yang dimiliki oleh PT Pindad untuk membentuk satu jalinan kerjasama antara kedua belah pihak dalam bidang pembangkit listrik. Selain itu, menurut Direktur Operasional JBS PT PLN (Persero), kunjungan ini merupakan salah satu langkah untuk mengoptimalkan potensi-potensi dalam negeri untuk berkoordinasi lewat berbagai proyek, salah satunya adalah dengan PT Pindad (Persero).
Acara dimulai di Auditorium dengan penjelasan mengenai beberapa produk non-militer dari Direktur Perencanaan dan Pengembangan. Setelah itu, rombongan diberikan presentasi mengenai sejarah pembuatan mesin listrik, produk-produk mesin listrik yang telah diproduksi oleh PT Pindad (Persero), beberapa contoh penggunaan motor listrik buatan PT Pindad (Persero) di sejumlah sarana transportasi, beberapa proyek yang masih berjalan, dan pengembangan motor listrik yang sedang berjalan.
Setelah acara di auditorium berakhir, rombongan melanjutkan kegiatannya dengan melakukan plan tour ke Departemen Mesin Listrik Divisi Mesin Industri dan Jasa. Di sana, para anggota rombongan tampak antusias bertanya berbagai macam hal yang berkaitan dengan proses produksi dari mesin listrik. Mereka pun mendapatkan penjelasan mengenai bahan baku produk, komponen-komponen penyusun, serta beberapa produk motor listrik yang telah dibuat untuk pemenuhan beberapa proyek.
Kunjungan hari itu ditutup dengan kunjungan ke Divisi Kendaraan Khusus dan Divisi Senjata. Di dua divisi tersebut, rombongan dapat mencoba performa dari Panser kebanggaan PT Pindad (Persero), Anoa 6×6 dengan berkeliling area PT Pindad. Setelah itu, mereka pun mendapatkan kesempatan untuk mencoba menembakkan senapan SS2-V5 di area penembakan Divisi Senjata. 




Sumber : BUMN

No comments:

Post a Comment