Tuesday, October 29, 2013

Kunjungan Presiden RI Ke Kalimantan Selatan



Banjarmasin (MI) : Presiden RI DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Hj. Ani Yudhoyono dan rombongan tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru Kalimantan Selatan dengan menggunakan Pesawat khusus kepresidenan Boeing 737-800, untuk melaksanakan kunjungan kerja selama tiga hari (22-24) Oktober 2013. Kedatangan Prsiden RI dan rombongan disambut oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dan tokoh agama serta tokoh masyarakat setempat. Dalam kunjungan kerja di Kalimantan Selatan, Presiden RI menghadiri sejumlah agenda di dua kota yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan yaitu kota Banjarmasin dan kota Banjarbaru.

Pada Rabu 24 Oktober 2013, pukul 10.00 Wita Presiden menghadiri acaraGroundbreaking(peletakan batu pertama) dan meresmikan proyek-proyekMasterplanPercepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Kalimantan Selatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan. Beberapa proyek yang akan dimulai peletakan batu pertamanya antara lain, proyek jembatan, pabrik kelapa sawit dan pabrik semen. Sedangkan proyek-proyek yang diresmikan meliputi pabrik kelapa sawit, pabrik minyak goreng, pabrik pengolahan karet dan proyek pengembangan insfrastruktur pertambangan.


Setelah peresmian proyek MP3EI selesai, Presiden RI bersilaturahmi dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat periode 2013-2018 yang dilaksanakan di Hotel Novotel Banjarbaru. Pada malam harinya Kepala Negara makan malam bersama anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Bupati/Walikota, serta perwakilan tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Provinsi Kalimantan Selatan. Acara dilaksanakan di Ballroom Hotel Novotel Banjarbaru.

Di hari terakhir, sekitar pukul 06.00 Wita dengan pengawalan ketat unsur pengamanan perairan yang dipimpin oleh Komandan Lanal Banjarmasin selaku Komandan Subsatgas Pam Laut, Letkol Laut (P) Dato Rusman SN, Presiden dan Ibu Hj. Ani Yudhoyono bersama rombongan berkunjung ke pasar terapung Muara Kuin Banjarmasin dengan menggunakan kapal pesiar Accura 46. Pasar tradisional ini berada di atas sungai Barito di muara Sungai Kuin. Di sini Presiden dan Ibu Ani Yudhoyono bersama rombongan berbelanja sejumlah bahan kebutuhan pokok sekaligus menyapa para pedagang (dukuh) yang berjualan di atas perahu (jukung).

Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden menerima Gelar Kehormatan Adat Budaya Banjar dari Lembaga Budaya Banjar. Presiden RI DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono dianugerahi Gelar Adat Banjar tertinggi “Tutuha Banua Nang Batuah” karena dianggap berhasil dan berjasa menentramkan kehidupan masyarakat sehingga menginspirasi terciptanya kehidupan saling menghargai. Penganugrahan gelar kehormatan dilaksanakan di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Pada siang harinya, Presiden DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono mengakhiri kunjungan kerja dua hari dua malam di kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Pukul 13.40 Wita Presiden RI didampingi Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono beserta rombongan bertolak dari Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru menuju Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. 




Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment