Monday, October 28, 2013

Sukhoi Baru Dipastikan Pesawat Tempur Bukan Komersil


JAKARTA (MI) : Keraguan sejumlah pihak mengenai pesawat Sukhoi yang dikirim Rusia ke Indonesia bulan Oktober lalu adalah pesawat komersil bukan pesawat tempur, ternyata tidak benar. Melalui sumber Rusia di Jakarta memastikan pesawat yang dikirim adalah jet tempur. 

“Kita bisa pastikan pesawat yang kami kirim bulan lalu adalah Jet tempur bukanlah pesawat komersil,” ujar seorang sumber Rusia di Jakarta yang ditemui Senin (28/10/2013). 

Pengiriman tersebut dilakukan di Makassar untuk memperkuat keamanan di daerah timur Indonesia. 

Indonesia telah menggunakan jet tempur Sukhoi sejak tahun 2007. Digunakannya Sukhoi adalah untuk memperkuat jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS) yang peralatannya mulai menua, sehingga mengurangi daya tempur dari pesawat tersebut. 

Datangnya pesawat Sukhoi ke Tanah Air terkenal dengan saratnya kontroversi yang terjadi. Salah satunya adalah dugaan penggelembungan dana pembelian oleh sejumlah pihak tidak bertanggung jawab di Indonesia. 

Selain itu yang masih segar adalah kematian tiga orang teknisi Sukhoi asal Rusia. Diduga ketiga orang ini meregang nyawa dikarenakan minuman beralkohol yang mereka tenggak di Indonesia.






Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment