Thursday, October 31, 2013

Duaaaarrr...Manuver dan Bom Sukhoi Hebohkan Natuna

Duaaaarrr...Manuver dan Bom Sukhoi Hebohkan Natuna

Riau (MI)  : TNI AU menggelar Latihan Angkasa Yudha 2013 di Pulau Ranai, Riau. Dalam latihan tersebut, sejumlah pesawat tempur TNI AU beraksi.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (31/10/2013),pesawat tempur Hawk menjadi pesawat pertama yang ambil bagian dalam latihan tersebut. Usai Hawk beraksi, pesawat F 16 menyusul. Dengan suara menderu di udara, jenis pesawat buatan Amerika Serikat itu beraksi di langit Pulau Natuna.

Tak hanya itu, pesawat Super Tucano juga ikut beraksi. Pesawat buatan Brasil itu, kemudian menjadi pesawat yang diklaim selalu tepat sasaran dalam menembak sasaran.

Aksi Pesawat Sukhoi SU-27/33 pun tak kalah menarik. Jenis pesawat tempur canggih buatan Rusia itu terlihat terbang dengan menggendong 6 rudal yang dilepas untuk menghancurkan sasaran.

'Duarr' suara dentum bom menimpa tepat sasaran di tengah laut. Sasaran berupa drum dengan pola kotak itu mengapung di laut. Ada 5 buah target sasaran. Semuanya hancur dan menimbulkan api serta asap yang membumbung tinggi.

Pejabat tinggi TNI AU yang menyaksikan atraksi itu pun langsung bertepuk tangan, sebagai bentuk apresiasi pada aksi Sukhoi.

Aksi Sukhoi ini digelar dalam Latihan Angkasa Yudha 2013 di Lanud Ranai, Pulau Natuna, Riau. Acara ini digelar 2 hari, yaitu pada 30-31 oktober 2013.

Pesawat Sukhoi merupakan pesawat tempur baru yang dibeli RI dari Rusia. Saat ini, RI memiliki 16 unit atau satu skuadron Pesawat Sukhoi.

Sejak awal pada Maret 2003, Indonesia membeli seluruh penempur TNI AU itu dari pabriknya, KNAAPO (Komsomolsk-na Amure Aircraft Production Association) di Rusia. 





Sumber : Liputan6

No comments:

Post a Comment