Wednesday, September 17, 2014

Tank Leopard di Sarang Marinir


SURABAYA (MI) : Markas Resimen Kavaleri (Menkav) 1 Marinir di Semarung, Ujung, terlihat beda daripada biasanya. Markas komando pelaksana satuan tempur pemukul dan pendarat Pasukan Marinir 1 Surabaya yang identik dengan tank amfibi itu dipenuhi tank-tank angkatan darat.

Sebanyak 24 tank tempur utama Leopard 2A dan 28 Ranpur Infanteri Marder 1A3 memadati markas Marinir di timur Makoa Armatim itu. Puluhan tank tersebut didatangkan TNI-AD langsung dari Jerman. Tank tiba di Surabaya akhir pekan lalu dengan menggunakan kapal ro-ro Serasi X. Peralatan utama sistem persenjataan (alutsista) matra darat tersebut dijadwalkan tampil dalam rangkaian HUT Ke-69 TNI.

Tank yang semula berwarna hijau polos itu sudah dicat doreng kombinasi hitam-cokelat tua khas pusat kesenjataan infanteri dan kavaleri TNI-AD. ’’Kami siapkan dukungan tempat perawatan untuk kesuksesan HUT TNI,’’ tegas Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI Mar Kasirun Situmorang Selasa (16/9).

Dengan lokasi yang terbatas, Menkav 1 Marinir meminggirkan sejumlah tank amfibinya seperti BMP-3F dan LVT-7. Apalagi sebagian lapangan apel digunakan untuk memarkir alutsista Korps Marinir dari komando pelaksana lain. Misalnya, brigade infanteri, resimen artileri, dan resimen bantuan tempur.

Material tempur ditempatkan di Menkav 1 Marinir lantaran paling dekat dengan Dermaga Ujung, tempat parade dan demonstrasi. Sebelum Leopard dan Marder dioperasikan ke Dermaga Ujung, kendaraan tempur itu ditinjau petinggi TNI-AD. Wakil KSAD Letjen TNI M. Munir akhir pekan lalu memastikan kondisi tank-tank pengadaan 2014 tersebut siap digunakan. Dengan demikian, saat pelaksanaan defile dan demo, diharapkan tidak ada masalah.
Sumber :  Jawapos

No comments:

Post a Comment