Sunday, September 14, 2014

Marinir Amerika Serikat Ikut Lomba Karapan Manusia


:Surabaya (MI) : Fun Day di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Sabtu (13/9/2014) ajak Marinir Amerika Serikat kenali budaya dan tradisi Indonesia. Satu diantaranya, prajurit Marinir Amerika Serikat diajak lomba Karapan Manusia dan lomba Makan Kerupuk. Meriah.
Fun Day yang digelar tersebut merupakan rangkaian kegiatan latihan bersama Marinir IndonesiaAmerika yang bertajuk Marines Tactical Warfare Simulation (MTWS)-14, yang dijadwalkan akan berlangsung hingga 18 September 2014.

http://cakrawala-dispenal.org/images/photos/IMG_0459.JPG
Kegiatan diawali dengan suguhan tari Kecak oleh prajurit Yonif-3 Marinir, kemudian dilanjutkan dengan berbagai permainan tradisonal Indonesia, diantaranya lomba lari Bakiak, lomba Makan Kerupuk, lomba mengambil uang logam dengan mulut, lomba memindahkan Belut, lomba menangkap Bebek dan yang terakhir lomba Karapan yang diikuti seluruh anggota Marinir kedua negara.

Gelak tawa dari peserta maupun para penonton begitu meriah saat menyaksikan para peserta mengikuti perlombaan. Kebersamaan dan kerjasama prajurit Marinir kedua negara ditunjukkan saat mereka mengikuti perlombaan.
Kegitatan yang paling menarik yaitu Karapan manusia, yaitu menarik bambu di tanah berlumpur (sawah) yang dinaiki salah satu peserta, dengan penuh semangat, para peserta menarik bambu tersebut hingga sampai di garis finish.
http://www.suarasurabaya.net/_watermark/createimage_small.php?d=kk&c=berita&b=201409&a=140782&angka=6
Letkol Marinir Agus Gunawan Wibisono mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai sarana memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada Marinir Amerika.

Sementara itu Letkol Jackson dari United States Marines Corps (USMC) menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat bagus, dan berharap kegiatan serupa dapat diajarkan atau dipertunjukkan di negaranya yaitu Amerika Serikat.

Usai pelaksanaan berbagai lomba, para peserta dihibur oleh prajurit Brigif-1 Marinir yang tergabung dalam band DBrigade dan diakhiri dengan joget bersama dengan diiringi lagu Gemu Fa Mi Re.
Sumber : Suarasurabaya

No comments:

Post a Comment