Kamis, 18 September 2014

Prajurit KRI Teluk Rantai-509 Asah Kemampuan di Tengah Laut


Surabaya (MI) : Prajurit KRI Teluk Ratai (TRT)-509 dari jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di bawah binaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya, mengasah kemampuan menembak baik individu maupun beregu di Geladak KRI Teluk Ratai-509, Rabu (17/09).

Saat ini KRI Teluk Ratai-509 tengah berada di Perairan Karimun Jawa menuju Surabaya untuk mendukung pergeseran Material dan pasukan dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat (TNI AD) dari Jakarta dalam rangka persiapan HUT ke-69 TNI di Dermaga Ujung Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Bambang Irawan, S.E., bahwa berbagai latihan baik terencana maupun tidak terencana yang dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan ini, diharapkan akan meningkatkan kualitas kemampuan tempur prajurit khususnya di lingkungan Satlinlamil Surabaya. Selain itu juga ditekankan setiap KRI yang selesai melaksanakan tugas operasi sebelum masuk pangkalan, agar melaksanakan latihan Gunex (Gun Exercise) serta dilanjutkan dengan latihan MOB (Man Over Board) atau orang jatuh di laut. "Latihan ini penting sehingga diharapkan Komandan KRI dan prajurit pengawak memiliki ketanggapsegeraan dalam melaksanakan manuver kapal dan tindakan dalam menolong orang jatuh di laut". ungkap dansatlin Surabaya.

Senada dengan Dansatlinlamil Surabaya, Komandan KRI TRT-509 Letkol Laut (P) Tarus Rostiyadi mengatakan bahwa selama pelayaran menuju Surabaya tersebut, prajuritnya dituntut untuk terus mengasah kemampuannya, selain latihan menembak tingkat perorangan maupun beregu menggunakan senjata laras pendek pistol maupun senjata laras panjang berupa AK-47, dilatihkan juga peran penanggulangan bahaya kebakaran di tengah laut, peran penyelamatan orang jatuh di laut ataupun Search and Rescue (SAR), yang kesemuanya bertujuan untuk  meningkatkan profesionalisme prajurit KRI TRT-509. 









Sumber : TNI AL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar