Monday, May 12, 2014

Lapan: Indonesia Bisa Luncurkan Roket Sendiri Tahun 2039

Indonesia memimpikan peluncuran roket sendiri

Bandung (MI) : Teknologi antariksa Indonesia memang masih tertinggal jauh dibanding negara-negara maju. Namun, hal itu tidak lantas mengubur mimpi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) untuk meluncurkan roket sendiri.

Perwakilan dari Pusat Teknologi Roket Lapan, Heri Budi Wibowo, mengatakan tujuan utama peroketan nasional adalah mengorbitkan satelit. Namun, Lapan belum bisa merealisasikan pembuatan dan peluncuran roket pengorbit satelit dalam waktu dekat karena terkendala beberapa masalah.

"Kami baru akan mengembangkan dan meluncurkan roket pengorbit satelit kita sendiri pada tahun 2039," kata dia, Senin 2014. Nantinya, roket ini akan memiliki berat 1 ton dengan daya jelajah 600 kilometer (km). Satelit yang diluncurkan dengan roket itu pun memiliki fungsi beragam, mulai dari satelit komunikasi hingga satelit militer.

Peluncuran roket pengorbit satelit ini menjadi misi utama Lapan, saat ini. Karena lembaga yang berdiri sejak 1962 itu tertinggal dibanding negara-negara lain, seperti Korea dan India. Kedua negara itu, kata Heri, akan meluncurkan roket mereka sendiri pada 2015.


Ratusan Tenaga

Heri juga mengatakan, butuh sekitar 400 sumber daya manusia untuk mewujudkan mimpi itu. Selain itu, SDM ini juga harus punya minat dan semangat yang bsar untuk mencapai kebanggaan Roket Nasional.

Dia yakin, pada saat itu, generasi karyawan Lapan yang ada saat ini sudah pensiun. Untuk itu, dia berharap pada generasi muda yang saat ini duduk di bangku perguruan tinggi. "Kami harapkan, para muda-mudi atau mahasiswa memiliki ide-ide baru demi mewujudkan keinginan bersama ini," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Lapan lainnya, Arif Nur Hakim, mengakui misi lembaganya terdengar ambisius. "Tapi kalau kita tidak punya mimpi dan tidak ambisius untuk mencapainya, ya tidak akan bisa. Dan kita tidak mungkin bisa menjadi negara maju," imbuhnya.





Sumber :  VIVAnews

6 comments:

  1. HAHAHA MULAI JAMAN BUNKARNO MPE SKRG BLUM BISA. SEKALIAN TAHUN 3000 AN AJA BRU DI LUNCURKAN ROKETNYA. WOI LAPAN BELAJAR AJA PADA HAMAS. OTAK UDANG.GINI NICH KALAU TUKAN KORUPSI.DIKASI DANA BUAT RISET CM DIPAKE BELI HARTA. ANAK ISTRI HDUP MEWAH.DI TANYA HASIL RISET WAH SUSAH.PADAHAL CM TIDUR.DATANG DI KANTOR CM MAIN INTERNET.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu bisanya memfitnah orang. Kamu diadu otaknya dgn org Lapan jg keok. Yg otak udang tuh ente. Lapan sdh bikin Roket Rhan122A & B (dipakai marinir), RX320, RX420, RKN200, UAV,Satelit Lapan A2 , dll. Yg bisanya makan tidur main internet tu ente.

      Delete
    2. KAO ANJING OTAK BODOH. GAK ADA SEJARAH ORG BUGIS BODOH. KAO APA FAJAR ANJING.FAJAR BABI. MAU MATI Y ANJING. KAO APA.TAU APA ANJING.. KAO ANJING DIMANA RUMAHMU. AKU PULANG KE INDONESIA KETEMU DIMANA ANJING.

      Delete
    3. SAYA MAU BUNUH KAMU FAJAR ANJING.KAMU DIMANA. DISULAWESI KA.KALIMANTANG. APA DI JAKARTA. SY ADA RMAH DI JAKARTA TEPATNYA DI CIRACAS. KALAU DI MAKASSAR DI KMPLKS BUMI PERMATA SUDIAN. DI KALIMANTAN DISAMARINDA. DI SINGAPURA DI BUGIS STREET. KAMU DIMANA ANJING.DIJAWA Y.KAMU JAWA Y. EMAKMU BABU Y.APA PELACUR.KALAU SUNDA SUNDANYA DIMANA. MATI KAO ANJING.AKU MAU BUNUH KAMU SEKELUARGA. ANJING KAO

      Delete
    4. Lah kok jd marah2 bgn hehehe...sy kan ksh tau km fakta klo Lapan tu sdh hebat skrg. Mrk skrg sdg bekerja keras spy Indonesia...Sy org Indonesia asli, dr keluarga baik2. Km kebanyakan bergaul sm binatang, babu & pelacur ya, jdnya yg dusebut sll teman2 kau itu..hehehe...oh ya, klo pengen tau Lapan, buka internet, tau google kan, cari Lapan disitu, pasti km akan kaget kok manusia bs hebat spt ini...hehehe..peace bung..

      Delete
    5. Saya setuju dgn anda bung Fajar. meskipun dgn anggaran yg terbatas ternyata Lapan bs menghasilkan roket2 yg hebat, berbeda dgn negeri di utara Indonesia yg meskipun memiliki anggaran yg cukup besar tetapi..... Coba saja lihat gambarnya di sini: http://i61.tinypic.com/9jf5ux.jpg

      Delete