Friday, May 16, 2014

Jenderal Moeldoko Cek Pengamanan Perbatasan di Kaltara

http://lanud-balikpapan.mil.id/wp-content/themes/Indomagz_plus_TimThumb/indomagz_2/thumb.php?src=http://lanud-balikpapan.mil.id/wp-content/uploads/2014/05/DSC_0198.jpg&w=245&h=150&zc=1&q=80

TARAKAN (MI) : Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengunjungi perbatasan RI yang berada di Sebatik, Kalimantan Utara, Jumat (16/5). Sebelum meninjau kawasan perbatasan, Moeldoko mendatangi markas Satradar 225 dan Pangkalan Udara (Lanud) Tarakan.

Di Lanud Tarakan, Panglima TNI memberikan bantuan berupa sembako kepada prajurit. Usai pemberian sembako, Moeldoko langsung menuju ke perbatasan menggunakan helikopter. Siang ini, Moeldoko berada di Karang Unarang.

Dankogasud Marsekal Pertama Dody Trisunu menyampaikan, kunjungan Moeldoko terkait pengamanan perbatasan (Pamtas) yang sedang berlangsung. Untuk operasi udara telah dilaksanakan oleh Koops AU II, sedangkan dari TNI-AL melibatkan Kooarmatim dan Kohanudnas. TNI saat ini sedang menggiatkan operasi-operasi terpadu baik melalui udara, darat dan laut.

"Ini bukan operasi baru, tapi memang sudah berjalan," ungkapnya.
TNI-AU bertugas memantau operasi melalui udara dengan tiga unsur yakni pengamatan udara menggunakan radar. Ada tiga radar, terdiri dari Satradar 225 Tarakan, Radar Kuandat (Gorontalo) dan Balikpapan.
"Ketiga radar tersebut saling mengkafer operasi yang dilakukan tersebut," tukasnya.

Untuk pengamatan udara bisa dilakukan sepanjang tahun. TNI-AU dalam melakukan pengintaian udara menggunakan pesawat Boeing 737 dan TNI-AL pakai pesawat Kassa 212 Maritim Patrol CN-235.



Sumber : JPNN

No comments:

Post a Comment