Saturday, May 17, 2014

Kopassus ber-IQ di atas 120 disekolahkan untuk lawan hacker


Jakarta (MI) : Tak hanya memperbaharui alat utama sistem bersenjata (alutsista), TNI juga mempersiapkan aparat yang tangguh menghadapi serangan di dunia maya. Sejumlah prajurit pun disiapkan berada di gugus terdepan pertahanan teknologi.

"Prajurit kita sekolahkan pada level tertentu, kita butuh percepatan kerja sama dengan melibatkan Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII). Kita pilih prajurit dengan IQ-nya di atas 120, yang ada di atas itu umumnya dinasnya di Kopassus," kata Kasad Jenderal TNI Budiman di Mabes AD, Jumat (16/5).

Masih menurut dia, TNI AD tidak perlu meniru standarisasi teknologi militer negara lain. Semua keunggulan negara maju diambil dan diramu untuk kemajuan militer Indonesia.

"Standarisasi kita tidak usah ngeblok tapi mana yg paling hebat kita ambil, tentu tergantung mereka ahlinya. Kalau mereka belajar di Amerika Serikat kan sesuai cara pikirnya, kalau belajar di China akan juga sesuai cara berpikirnya, yang paling bagus kita ramu dan kita rakit," terang dia.

Selain itu, dia menilai di negara maju ilmu berkembang dari institusi militer. Hasil dari ilmu pengetahuan tersebut diabdikan untuk negara, baru setelah itu dilempar ke bidang ekonomi.

"Di negara maju ilmu dimulai oleh riset militer. Penemuannya baru diberikan pada pemerintah setelah itu diberikan ke ranah bisnis, sampahnya dijual ke negara-negara tertinggal," pungkas dia.

Kemampuan IT lemah, TNI AD banyak diserang peretas asing


Kepala Satuan Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman mengakui kemajuan teknologi informasi belum merasuk ke tubuh TNI AD. Alhasil, kesatuannya pun menjadi bulan-bulanan di dunia siber.

Budiman menyebutkan, Indonesia mengalami banyak serangan dari negara-negara lain. Hanya saja, serangan itu tak serangan fisik melainkan aksi meretas.

"Kita menyadari kemampuan sumber daya manusia TNI AD. Kita perlu belajar bersama dan berlatih dalam hal ini (teknologi informasi)," kata KSAD TNI AD Jenderal Budiman di Mabes AD, Jumat (16/5).

Kelemahan itu menjadi mimpi buruk bagi TNI dalam menghadapi serangan dunia siber. Salah satunya pernah terjadi saat pasukannya akan menerbangkan pesawat.

"Saat penerbangan di Tanjung Priok ada kawan ngejam, sehingga begitu terbang ternyata ada yang mainkan jamming sekitar situ. Ya itulah masih ada kawan-kawan yang masih ambisi dalam ekonomi," ujar dia.

Menurutnya pertempuran antar negara tidak lagi ditentukan persenjataan berat saja. Penguasaan teknologi menjadi kunci utama.

"Ternyata serangan terhadap Indonesia di bidang IT yang sangat luar biasa. Dan penyerangnya oleh orang tersembunyi yang tanpa pamrih," lanjut Budiman.

Meski menghadapi berbagai serangan di dunia maya, namun Budiman memberi ancungan jempol terhadap kemampuan Indonesia di bidang IT. Baginya, kemampuan itu tidak kalah dari negara lain.

"Kita juga menyadari potensi kita di bidang IT luar biasa. Kita juga bisa lebih cepat, perlu adanya komitmen dan policy juga kesinambungan dalam kegiatan-kegiatan," terang dia.


Sumber : Merdeka

No comments:

Post a Comment